EKONOMI+

Explore Borneo Kaltim Fair 2023 Resmi Dibuka, Ajang Tumbuhkan Perekonomian

Gubernur Kaltim Isran Noor membuka Explore Borneo Kaltim Fair 2023 di Samarinda. (Dok. IST(

Explore Borneo Kaltim Fair ke-13 Tahun 2023 yang dipusatkan di Samarinda Convention Hall Komplek Stadion Gelora Kadrie Oening Sempaja Samarinda pada 2-6 Maret 2023 resmi bergulir.

Event rutin tahunan yang digelar Pemprov Kaltim ini resmi dibuka Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor didampingi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, Kepala Dinas Kominfo M Faisal, Kepala DPMPTSP Puguh Harjanto, Asisten II Sekkot Samarinda, perwakilan Bankaltimtara, DPD Asperapi Kaltim dan ADW Bersaudara selaku event organizer, serta perwakilan sponsor.

“Event ini ajang informasi dan komunikasi yang baik dalam meningkatkan dan memajukan pertumbuhan perekonomian. Terutama bagi para pengusaha UMKM. Ini adalah upaya kita dalam memperbaiki perekonomian rakyat terutama di level UMKM,” ucap Gubernur Isran Noor.

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini mengungkapkan Kaltim diberikan anugerah rahmat Allah Subhanahu Wata’ala yang luar biasa. Sumber daya alam melimpah ruah. Rakyatnya damai dan harmonis, terdiri dari berbagai macam asal usul wilayah di seluruh nusantara.

“Kaltim memiliki peluang yang besar dalam membangun bisnis dan berinvestasi kedepan. Apalagi dengan adanya ibu kota negara (IKN) Nusantara di bumi Kaltim. Jadi saya berharap seluruh pengusaha terutama pengusaha kecil dan menengah untuk cepat berpacu meningkatkan kapasitas investasinya, dari yang kecil dulu baru ke besar,” pinta Gubernur Isran.

Karena, lanjut dia, ke depan Kaltim akan menjadi hub pusat pertumbuhan ekonomi, pusat perubahan peradaban bangsa, pusat kegiatan-kegiatan yang menjadi sentral yang selama ini terkonsentrasi di Pulau Jawa, dengan ditunjuknya Kaltim sebagai IKN baru.

“Walaupun IKN itu bukan lagi kewenangan gubernur tapi oleh badan otorita. Dan masyarakat Kaltim harus pandai-pandai memanfaatkan ini sebagai peluang bisnis. Saya berharap terlibat atau tidak terlibatnya itu tergantung dari kita sendiri. Tingkatkan kapasitas pribadi maupun kelompok untuk dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan IKN,” pesannya.

Explore Borneo Kaltim Fair 2023 menyediakan 181 stan baik indoor maupun outodoor, yang terdiri dari perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim, Dekranasda Kaltim dan 10 kabupaten/kota, lembaga pendidikan, perguruan tinggi, perbankan, BUMN dan BUMD, UMKM dan otomotif.

Yang menampilkan sektor perdagangan, pariwisata, investasi, otomotif, kuliner, kerajinan tangan, fesyen, properti dan pameran pernikahan. (red)

Comments

POPULER

To Top