POLITIK+

Mendagri Lantik Akmal Malik Jadi Pj Gubernur Kaltim

Pelantikan Pj Gubernur Kaltim di Jakarta (SC Youtube Kemendagri)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Akmal Malik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim. Ia melanjutkan jalannya roda pemerintahan provinsi Kaltim dari Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi yang purna tugas 1 Oktober kemarin.

Akmal Malik sendiri merupakan seorang birokrat yang saat ini menjabat sebagai Dirjen Otonomi Kementerian Dalam Negeri.

Pelantikan tersebut dilakukan di Sasana Bhakti Praja (SBP) lantai 3 gedung C, Kemendagri, pukul 08.00 WIB tadi.

Selain melantik Pj Gubernur Kaltim, Mendagri juga melantik Pj Gubernur Sumatra Selatan Agus Fatoni yang merupakan pejabat di lingkungan Kemendagri.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan Pj Gubernur Kalimantan Timur dan Pj Gubernur Sumatra Selatan, dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian.

“Dengan mengucap syukur kepada tuhan yang maha kuasa atas rahmat dan taufiknya pada hari Senin 2 Oktober 2023. Saya atas nama Presiden RI melantik Pj Gubernur Sumatra Selatan Agus Fathoni dan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik. Saya percaya saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai yang diberikan oleh arahan Presiden RI,” ungkapnya, Senin 2 Oktober 2023 melalui live streaming Kemendagri.

Selanjutnya, Tito Karnavian melakukan Penandatanganan, Pemasangan Tanda Pangkat, Penyematan Tanda Jabatan dan Penyerahan Keputusan RI kepada Pj Gubernur Kaltim dan Pj Gubernur Sumatra Selatan.

“Pagi ini kita melaksanakan dua acara yakni penyerarahan serah terima jabatan Gubernur Kaltim dan Sumsel. Tentunya mekanisme penunjukan Pj ini telah sesuai dengan aturan baik Undang-Undang maupun Pemendagri yang dipimpin oleh Presiden RI,” terangnya.

Lebih lanjut, Tito mengucapkan selamat bertugas kepada Pj Gubernur yang telah resmi dilantik pada hari ini.

“Saya ucapkan selamat bertugas kepada Pejabat yang baru. Nanti spesifiknya kita sampaikan langkah langkah yang harus dilakukan,” tuturnya.

Sementara itu, melihat latar belakang Akmal Malik yang sebelumnya telah berpengalaman sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat tahun 2022. Tito mengatakan tentunya tugas ini bukanlah hal baru bagi Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Kaltim.

“Pak Akmal sudah berpengalaman menjabat sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat. Sehingga, cukup paham dengan tugas-tugas Pj Gubernur (Kaltim). Yang jelas, ada tugas penting di IKN sana,”jelasnya.

Dengan resmi dilantikan dua Pejabat (Pj) Gubernur tersebut. Tito berharap kedua Pj Gubernur dapat menyelesaikan tugasnya sebagai Pj dengan baik.

“Selain itu, ucapan terimakasih banyak kepada Gubernur Kaltim, Isran Noor dan Wakilnya. Terimakasih atas kerja keras dan pengabdiannya di Kaltim,” pungkasnya (kf/red)

Comments

POPULER

To Top