EKONOMI+

Kirain Hary Tanoe, Ternyata Ini Pemilik Indomaret

Indomaret telah memiliki hampir 20 ribu gerai di seluruh Nusantara. (Foto: VOI)

Kalau pertanyaan siapa pemilik jaringan ritel Indomaret, Anda mau jawab apa? Jangan-jangan, mau menyebut nama Hary Tanoe? Sosok yang sejak lama diisukan adalah pemilik toko ritel sejuta umat tersebut?

Jadi, pemilik sebenarnya toko swalayan sejuta umat ini adalah seorang taipan Indonesia, Anthoni Salim. Dia lah sosok di balik besarnya perusahaan jaringan ritel Indomaret.

Berdasar laporan Detik Finance, Salim mendirikan toko ritel ini dengan pemikiran untuk memudahkan penyediaan kebutuhan sehari-hari karyawannya. Tahun 1988, gerai Indomaret mulai didirikan.

Tiga puluh empat tahun berselang, alias pada tahun ini. Total gerai Indomaret mencapai 19.891 di seluruh Indonesia. Gokil!

Antoni Salim dan keluarganya memang bukan taipan kaleng-kaleng. Berdasar laporan dari Forbes. Antoni dan keluarga memiliki total kekayaan hingga US$ 8,5 miliar atau setara Rp 124,6 triliun (kurs dolar saat ini Rp 14.660/US$).

Anthoni merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara mendiang Liem Sioe Liong atau Om Liem, seorang taipan yang selama puluhan tahun sangat dekat dengan presiden Suharto. Berkat Om Liem lah Indomie ada.

Nah, sekarang sudah jelas ya. Bukan Hary Tanoe, tapi Antoni Salim lah pemilik Indomaret. Lalu, sudah tahu belum siapa pemilik Alfamart? (DRA)

Comments

POPULER

To Top