Untuk Kali Kelima Bandara SAMS Balikpapan Jadi yang Terbaik di Dunia

Untuk Kali Kelima Bandara SAMS Balikpapan Jadi yang Terbaik di Dunia
Untuk Kali Kelima Bandara SAMS Balikpapan Jadi yang Terbaik di Dunia

Untuk kelima kalinya Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan meraih penghargaan dunia. Yaitu sebagai salah satu bandara terbaik kategori bandara dengan kelas penumpang 5-15 juta.

Penghargaan prestisius tersebut diperoleh melalui pengukuran secara periodik setahun penuh sehingga predikat “Best Airports in Asia-Pasific by Size and Region”, Airport Service Quality Awards 2021 (ASQ Awards 2021) yang tahun ini diselenggarakan di Krakow Polandia oleh Airport Council International (ACI).

Selain itu, Bandara SAMS Sepinggan juga mendapatkan penghargaan “The Airport Council General’s Roll of Excellence in Airport Service Quality” yang hanya diberikan kepada Bandara yang telah menerima penghargaan ASQ Award dari ACI 5 kali dalam 5 tahun secara berturut-turut.

Dengan predikat ini maka Bandara SAMS Sepinggan – Balikpapan satu-satunya di Indonesia yang mampu secara konsisten memperoleh dan mempertahankan gelar tersebut.

Rika Danakusuma selaku General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan mengatakan, penyerahan penghargaan berlangsung pada puncak acara Awarding kepada PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, bersama dengan Bandara Terbaik lainnya dalam rangkaian ACI Customer Experience Global Summit 2022 di Krakow, Polandia, 15 September 2022.

“Keberhasilan yang telah dicapai, baik dalam menjaga dan mempertahankan kualitas layanan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, merupakan bentuk kerja keras dan kerja sama yang baik pihak manajemen PT Angkasa Pura I dengan seluruh pemangku kepentingan,” urai Rika.

“Sungguh merupakan usaha dan pengorbanan yang memberikan kebanggaan tidak saja untuk masyarakat Kota Balikpapan dan Kalimantan Timur, melainkan seluruh Indonesia,” sambungnya.

Menurut Rika, tidak semua negara yang memiliki Bandara Internasional mampu untuk memberikan layanan kelas dunia dan mempertahankan dalam lima tahun berturut-turut.

Dengan penghargaan prestisius tersebut, terbayar tunai jerih payah yang telah diberikan. Tidak hanya itu juga menjadikan energi baru untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa, sinergi, dan kerja sama yang baik serta dukungan seluruh entitas bandara.

“Oleh sebab itu pada kesempatan ini saya sampaikan ucapan terima kasih kepada stakeholder di Bandara SAMS Sepinggan yang telah berkontribusi dalam pencapaian maupun secara terus menerus menjaga prestasi ini,” tuturnya.

ASQ Award sendiri merupakan penghargaan Internasional yang diberikan kepada bandara di seluruh dunia yang mendapatkan pengakuan sebagai bandara dengan layanan terbaik.

Pengakuan tersebut diperoleh dari pengukuran tingkat kepuasan pengguna jasa secara terus menerus sepanjang tahun, baik yang datang maupun keberangkatan melalui bandara oleh Lembaga Internasional ACI (Airport Council International), yang merupakan organisasi kebandarudaraan dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

Hingga saat ini, ACI beranggotakan sebanyak 717 anggota yang mengelola 1.950 bandara yang tersebar di 185 negara di dunia.

ACI World Director General Luis Felipe de Oliveira, menyampaikan rasa bangganya atas upaya pengelola bandara di dunia dalam memberikan layanan kepada pengguna jasa.

“Setelah tahun kedua pandemi, pemenang ASQ Awards ditahun ini secara khusus adalah cerminan dari kepemimpinan dalam memberikan pengalaman pelanggan pada masa paling menantang dalam sejarah sektor industri penerbangan. Kami sangat bangga atas upaya kepemimpinan yang luar biasa dalam memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan,” ungkapnya.

Pada pemberian ASQ Award kali ini, PT Angkasa Pura I menjadi penerima penghargaan terbanyak di Indonesia dengan perolehan 6 award dari 15 bandara yang dikelola.

Selain Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, bandara penerima penghargaan pada ASQ Awards 2021 antara lain Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Internasional Yogyakarta untuk kategori “Best Airport by Size and Region: 5 to 15 Million Passengers per Year in Asia-Pacific”.

Kemudian Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta untuk kategori “Best Airport by Size and Region: 2 to 5 Million Passengers per Year in Asia-Pacific”.

Dan Bandara Pattimura Ambon untuk kategori “Best Airport by Size and Region: Under 2 Million Passengers per Year in Asia-Pacific”. (***)

Tinggalkan Komentar