Punya Brankas Khusus, Arsip Aset Daerah Tersimpan Rapi di BPKAD Kaltim

brankas arsip BPKAD Kaltim

Seluruh arsip soal aset milik Provinsi Kaltim tersimpan dengan baik di BPKAD Kaltim. Bahkan disimpan dengan hati-hati dan khusus menggunakan brankas terpisah dari arsip lain.

Aset daerah merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah daerah. Meliputi segala kekayaan yang dimiliki maupun yang dikuasai oleh pemerintah baik kabupaten/kota maupun provinsi. Diperoleh melalui keuangan negara APBD atau berasal dari sumber dana lain.

Bisa berupa aset keuangan dan asset non-keuangan. Seperti kas, piutang, serta surat berharga. Kemudian tanah, bangunan gedung, bangunan air, jalan dan jembatan, jaringan, hingga monumen/bangunan bersejarah. Ada juga yang berupa kendaraan, mesin, dan berbagai alat lain.

Begitu pula aset milik Pemerintahan Provinsi Kaltim. Segala jenis arsipnya perlu untuk diamankan. Untuk menghindari sengketa atau pengakuan aset. Apalagi ruang lingkupnya meliputi satu provinsi yang terdiri atas 10 kabupaten/kota.

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, telah mendata dan mengamankan segala jenis arsip mengenai aset milik Pemprov Kaltim. Segala surat penting disimpan melalui Bidang pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD).

Pranata Kearsipan atau Arsiparis Ahli Pertama BPKAD Kaltim Lydia Martharina mengaku segala arsip disimpan dengan hati-hati dan khusus. Seperti sertifikat tanah, akte tanah dan lainnya.

“Banyak kalau aset. Sekarang kan aset ada di BMD. Nah itu aset itu seperti sertifikasi, BPKB, itu kami masih menyimpan di sini,” jelas Lydia Senin, 20 November 2023.

“Kami di sini nyimpannya saja pake brankas sampai dibikinkan khusus, seluruh aset provinsi. Tapi kalau minta scan masih bisa kami kasih.” lanjutnya.

Lydia menjelaskan kalau penyimpanan dengan brankas itu agar berkas penting tetap aman dan tidak mudah diakses. Karena merupakan aset vital. Ditambah aset itu harus terus disimpan. “Tidak ada retensinya, tidak bisa dimusnahkan karena masuk aset vital,” pungkasnya. (ens/nus)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar