Ini Kata BPKAD Jika Perangkat Daerah Tertib Kelola Arsip

BPKAD

Badan Pengelolaan Keuangan dan Kearsipan Daerah (BPKAD) Kaltim telah melakukan pengelolaan dan penataan arsip dengan baik bahkan menjadi percontohan bagi OPD lain di Kaltim.

Pranata Kearsipan atau Arsiparis Ahli Pertama BPKAD Kaltim Lydia Martharina mengaku telah merasakan banyak manfaat ketika melakukan tertib arsip dan rutin penyerahan dan pemusnahan arsip.

Lydia mengungkap kalau awalnya mengelola kearsipan memang cukup rumit. Dan agak sulit dilakukan. Namun ketika sudah terbiasa, menjadi mudah dan senang untuk dilakukan.

“Arsipnya tertata, apalagi di record center dam sudah disusun sesuai dengan denahnya. Jadi kalau cari berkas langsung tau.  Di mana tempatnya,” jelas Lydia pada Senin 20 November 2023.

Karena sudah sering melakukan penyerahan dan pemusnahan arsip kepada DPK Kaltim. BPKAD merasa punya ruang yang cukup untuk arsip baru berikutnya. Sehingga yang disimpan memang arsip yang penting.

Sementara yang nilai gunanya telah menurun bahkan habis akan dimusnahkan. Sehingga tidak memakan banyak tempat dengan tumpukan kertas.

Hasilnya, selain mudah dalam mencari arsip atau dokumen yang diperlukan. BPKAD juga menjadi terorganisir dalam setiap pekerjaannya. Sebab setiap bidang pun sudah tertib arsip.

“Kami juga sudah dites sama anri, carikan berkas ini dalam waktu beberapa menit. Dihitung kurang dari  5 menit sudah dapat,” pungkasnya.

Jika setiap perangkat daerah melakukan tertib arsip, maka akan mendapatkan beragam manfaat yang kemudian berdampak pada efektivitas dan efisiensi kerja. (ens/nus)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar