Melihat Cara Disperindagkop Kaltim Rawat Arsip yang Terjaga dengan Baik

Disperindagkop Kaltim melakukan perawatan terhadap arsip yang dikelolanya. Dengan menjaga ketahanan dan keamanan arsip agar tidak rusak. Ternyata ada caranya.

Tim Arsiparis Sekertariat Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop) Kaltim, Tisya membagikan cerita cara mengelola arsip di instansinya.

Menurutnya, untuk menjaga keawetan arsip-arsip tersebut, pihaknya selalu menjaga kelembapan ruangan arsip tersebut. “Perawatannya jangan matikan AC karena selama 24 jam gak boleh mati. Selain itu kita pake air purifier juga di bawah itu,” ungkapnya, Rabu 29 November 2023.

Tisya menjelaskan penggunaan AC 24 jam di ruangan arsip merupakan SOP yang harus dipatuhi. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu ruangan agar tetap stabil dan tidak lembap. “Memang harus pake ac 24 jam sop nya. Nanti berjamur kalau gak di rawat,” ujarnya.

Ia menambahkan perawatan arsip ini merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan. Hal ini karena arsip merupakan dokumen penting yang dapat digunakan sebagai bukti atau referensi.

“Bagi saya, Arsip itu sangat penting, jadi harus dirawat dengan baik. Pokoknya untuk tahun ini pengelolaan arsip harus serius kami lakukan lebih baik dari sebelumnya,” tandasnya. (adv/kf/red)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar