Dua OPD Ini Terbaik Pengelolaan Arsip di Pemkot Samarinda

pengelolaan arsip

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kota Samarinda terus berupaya melakukan tertib arsip. Tak hanya melakukan pengelolaan dan penataan arsip yang terpusat.

Dispursip Samarinda juga punya andil dalam mewujudkan tertib arsip di seluruh lembaga atau instansi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kota Samarinda.

Untuk mewujudkan tertib arsip di setiap OPD, Dispursip rutin melakukan audit atau pemeriksaan terhadap pengelolaan kearsipan kepada 40 OPD di Samarinda setiap tahun sejak 2018.

Meski hasilnya secara keseluruhan masih belum maksimal. Artinya masih banyak OPD di Samarinda yang secara penilaian masih kurang dalam implementasi pengelolaan kearsipan.

Namun, Arsiparis Terampil Dispursip Samarinda Kirana Pareswari mengungkap ada 2 OPD yang masuk terbaik dalam pengelolaan arsip di tingkat Kota Samarinda dibanding OPD lainnya.

Yakni Sekretariat Daerah (Setda) dan juga Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Samarinda. Hasil penilaian beberapa tahun terakhir.

Setda sendiri merupakan unsur pembantu pimpinan pemerintah daerah, yang dipimpin oleh sekretaris daerah. Bertugas membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

Sementara Bappedalitbang merupakan unsur perencana penyelenggaraan pemerintahan. Dengan melaksanakan tugas dan mengkoordinasikan penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah.

“Pada tahun berapa gitu dua OPD itu, Setda dan Bappedalitbang yang terbaik,” jelas Kirana pada Kamis 23 November 2023.

“Rata-rata poinnya masih kurangm tapi dua itu termasuk yang terbaik. Penilaian dari 2018 perkiraan,” tambahnya.

Sementara itu, OPD lain diharapkan mampu mengejar ketertinggalan itu. Agar seluruh OPD di Samarinda bisa serentak tertib arsipnya. (jek/nus)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar