DPK Kaltim Alih Media Koran Bahari ke Versi Digital, Ada Edisi 70-an

koran bahari

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Daerah Kalimantan Timur (Kaltim) mengarsipkan koran bahari ke dalam versi digital. Kini ada ratusan jilid koran yang tersimpan di lantai 3 gedung DPK.

Seksi Deposit dan Alih Media DPK Kaltim, Fatimah Irny menjelaskan kalau upaya pengarsipan tersebut memakan proses panjang. “Dimulai dari penghimpunan, pengelompokan, kemudian masuk tahapan alih media,” jelasnya baru-baru ini.

Proses terlama berada pada tahap alih media. Karena ada proses editing untuk perbaikan lembar per lembar sehingga layak untuk menjadi versi digital melalui proses scan hingga menjadi bentuk pdf dan diedit hingga bersih. “Bintik-bintik kuning harus jadi putih, kemudian yang kabur di edit jadi bening. Kadang 1 lembar ini berhari-hari prosesnya hanya untuk membersihkan.”

“Setelah bersih dan  dipastikan full seperti baru kembali, kemudian yang di pdf tadi dimasukan aplikasi fleeping book” tambahnya.

Fatimah bilang sistem editing tersebut juga berlaku dalam alih media naskah lama dan koleksi langka milik DPK Kaltim. Namun prosesnya lebih panjang lagi untuk itu. “Karena kondisi kertasnya sangat beda dan penyimpanannya,” pungkasnya.

Selama ini fisik koran bahari masih terawat. DPK Kaltim secara rutin melakukan fumigasi dua tahun sekali untuk menghindari kerusakan fisik. Seperti kondisi lembab, hingga dimakan rayap. sebab kertas menjadi material paling mudah rusak. (jek/nus)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar