Dispora-Wanita Islam Kukar Gelar Pelatihan Wakaf dan Sertifikasi Produk Halal

sertifikasi halal

Sebanyak 40 peserta antusias mengikuti pelatihan “Wakaf dan Sertifikasi Produk Halal” di Hotel Grand Fatma Tenggarong, Senin (16/10/2023).

Pelatihan ini digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara untuk peningkatan sumber daya manusia bekerja sama dengan organisasi kepemudaan Wanita Islam Kukar.

Kepala Bidang (Kabid) Kewirausahaan, Kepemudaan, dan Kepramukaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar Derry Wardana mengatakan, kegiatan tersebut digelar bertujuan meningkatkan kapasitas pengurus wanita Islam di bidang usaha.

Kegiatan ini penting karena mengingat saat ini minat pemuda untuk terlibat dalam kegiatan peningkatan kapasitas sangat rendah.

Terlebih Derry menjelaskan, ke depan Kukar akan menjadi bagian dari wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN). Maka, program peningkatan kapasitas harus terus digalakkan oleh Pemkab Kukar. “Kita menyiapkan pemuda kita yang produktif, ke depan untuk lebih maju lagi,” ucapnya.

Ia berharap, setelah kegiatan tersebut berlangsung, kapasitas pengurus wanita Islam di Kukar dapat meningkat dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Ke depan kami juga akan lebih banyak lagi mengadakan kegiatan-kegiatan seperti ini. Guna mengelola skill para pemuda di Kukar,” kata Derry.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Daerah (PD) Wanita Islam Kukar Nur Ilahiah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut mensukseskan kegiatan tersebut.

Ia berharap, dengan digelarnya kegiatan ini, pihaknya mampu menjembatani para pelaku UMKM di Kukar untuk mendapatkan sertifikasi halal. “Mudah-mudahan program yang dijalankan mempunyai karya nyata di masyarakat,” katanya.

Dia bilang, masih banyak UMKM di Kukar yang masih belum memiliki sertifikasi halal. Di sinilah pihaknya dapat mengambil peran menyosialisasikan tentang pentingnya sertifikasi halal di para pelaku UMKM. “Sehingga kiprah kami di Kukar bisa bermanfaat dan dirasakan,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kukar Siswo Cahyono, Ketua Umum Pimpinan Pusat Wanita Islam Marfuah Musthofa dan jajaran pengurus Wanita Islam Kukar. (jek/nus)

ADVERTORIAL DISKOMINFO KUTAI KARTANEGARA

Tinggalkan Komentar