IKN Nusantara Jadi Magnet Kunjungan, Promosi Kedepankan Konsep MICE
Penetapan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kaltim menjadi magnet hingga meningkatkan perjalanan pariwisata domestik.
Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Provinsi Kaltim Restiawan Baihaqi menjelaskan, secara nasional, jumlah perjalanan pariwisata domestik semester pertama 2023 mencapai 433,57 juta orang. Ini meningkat 12,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022.
Sedangkan di Kaltim mengalami peningkatan cukup tinggi hingga mencapai 73,7 persen. Bumi Etam dengan cepat menjadi tujuan favorit wisatawan lokal akibat kaya keanekaragaman satwa liar dan hutan hujan lebat.
Provinsi Kaltim, katanya, menawarkan peluang unik untuk ekowisata dan melihat satwa liar yang menarik bagi pecinta alam dan penggemar satwa liar.
“Termasuk wisata budaya karena hampir tiap kabupaten/kota di Kaltim memiliki kekayaan budaya masing-masing dan dengan keunikan tersendiri,” sebutnya.
Di samping itu, lanjutnya, magnet IKN juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Karena selain mereka melakukan perjalanan bisnis terkait IKN juga sekaligus melakukan perjalanan wisata ke sejumlah objek wisata.
Tingginya peningkatan perjalanan wisata ke Kaltim juga karena pihaknya aktif melakukan promosi ke luar daerah baik Bali, Jakarta, sejumlah daerah di Jawa, dan lainnya.
Dispar Kaltim mengedepankan konsep Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions (MICE). Melalui pola ini banyak yang tertarik yang pada akhirnya kunjungan wisata ke Kaltim meningkat.
“Kami terus lakukan kegiatan MICE sebagai pendongkrak pengembangan destinasi pariwisata, karena disadari dari pola ini juga mampu menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan bagi masyarakat lokal, termasuk untuk mendorong masuknya investasi,” katanya. (Antara/nus)
BACA JUGA