Pengelola Koperasi Simpan Pinjam di Kukar Didorong Kantongi Sertifikat

Pengelola Koperasi Simpan Pinjam (KSP) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) didorong untuk segera mengantongi Sertifikat tingkat nasional yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kukar tanggang jawab akan fasilitasinya.

Oleh karena itu Diskop UKM Kukar memberikan pelatihan kompetensi pengelola khusus pada koperasi simpan pinjam (KSP) agar unit koperasi memiliki pengelola yang bersertifikat. Demikian disampaikan oleh Kepala Diskop UKM Kukar, Tajudin.

Pihaknya telah melakukan pelatihan kepada 20 orang selaku pengelola koperasi simpan pinjam yang dilaksanakan di Kota Samarinda.

“Sertifikatnya dari badan sertifikat nasional ada sekitar 20 orang difasilitasi oleh pemerintah daerah untuk unit usaha koperasi simpan pinjam,” jelasnya.  

Menurutnya, sangat pentingnya diberikan pelatihan tersebut karena unit usaha koperasi simpan pinjam ini pada KBLI memiliki resiko yang tinggi. Ijinnya pun harus terbit melalui system Online Single Submission (OSS).

Nah ini yang belum ada di kita dan hampir di Kaltim pun jarang karena harus ada pelatihan dulu ya seperti uji kompetensi barang dan jasa dan itu sertifikatnya nasional oleh BNSP,” tegasnya.

Pelatihan ini merupakan realisasi dari program strategi pemberdayaan koperasi melalui percepatan sertifikasi pengelola Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

Adapun inisiator dari kegiatan ini ialah Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi Diskop Kukar, Endri Rosadi.

Tahun ini 20 orang yang sudah difasilitasi mendapatkan pelatihan kompetensi. Tahun depan direncanakan kembali digelar sehingga semakin banyak pengelola KSP yang memiliki sertifikat nasional. (kf/red)

ADVERTORIAL DISKOMINFO KUTAI KARTANEGARA

Tinggalkan Komentar