Samboja Punya Potensi Besar Sektor Perikanan

potensi perikanan samboja

Kecamatan Samboja punya potensi besar pada sektor perikanan. Sebagai wilayah pesisir, sebagian besar penduduk berprofesi sebagai nelayan dan pembudidaya ikan tambak.

Camat Samboja, Damsik mengatakan, potensi perikanan yang ada di Samboja sangat besar. Terutama di beberapa kelurahan, di antaranya Tanjung Harapan, Kuala Samboja, Teluk Pemedas dan Muara Sembilang.

“Sebagian wilayah penghasil ikan terbesar di daerah itu,” kata Damsik, Kamis (26/10/2023).

Dengan wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Balikpapan, Samarinda dan Ibu Kota Nusantara (IKN), hasil perikanan Samboja kerap dikirim ke kota-kota ini.

Damsik mengaku tak mengetahui pasti berapa jumlah produksi ikan setiap bulannya di Samboja. Namun, Damsik menyebut, produksinya sangat besar dan bahkan mampu memasok kebutuhan ikan tidak hanya di Kukar.

Selain menjual langsung kepada konsumen, para nelayan dan pembudidaya ikan juga menjual hasil ikannya kepada para tengkulak di Samboja. “Terkadang dari nelayan juga langsung menjual di tengkulak,” ucapnya.

Tak hanya potensi perikanan, Damsik menjelaskan, Samboja juga menjadi salah satu daerah dengan penghasil rumput laut.

Banyak, kata dia, pembudidaya rumput laut yang tersebar di sepanjang garis pantai yang mengelilingi Samboja. “Daerah kita juga termasuk tempat budidaya rumput laut di Kukar,” jelasnya. (jek/nus)

ADVERTORIAL DISKOMINFO KUTAI KARTANEGARA

Tinggalkan Komentar