SIP Kebun Bikin Semakin Mudah Lapor, Semakin Mudah Pembinaan

pembinaan perkebunan semakin mudah karena SIP kebun

Pemerintah kini semakin mudah melakukan evaluasi, pembinaan dan pengawasan kinerja perusahaan perkebunan di Kaltim.

Sebab dengan adanya Sistem Informasi Pelaporan (SIP) Kebun ini, pengusaha mudah melakukan pelaporan.

Untuk mengoptimalkan pengunaan SIP, Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan Bimtek SIP Kebun Tahun 2023, di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan, Rabu (7/6/2023).

Bimtek ini merupakan kali ketiga setelah dilaksanakan pada 2019 dan 2022 lalu.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ahmad Muzakkir yang diwakili Kepala Bidang Usaha, Taufiq Kurrahman mengatakan, SIP Kebun merupakan sistem pelayanan yang berbasis online yang telah dikembangkan Dinas Perkebunan Kaltim.

Selain mempermudah pelaporan, SIP juga dapat memperkuat tata kelola perizinan yang berbasis data melalui penguatan basis data dan informasi, penguatan pembinaan dan pengawasan terhadap perizinan usaha di bidang perkebunan, serta penguatan koordinasi antar Kementerian/Lembaga Nasional (K/L) dan pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten dalam pengelolaan perizinan usaha perkebunan.

“Dalam SIP Kebun, apabila ada perubahan dan perbaikan pada sistem aplikasi pelaporan ini akan dikerjakan secara berkesinambungan yang diakses online melalui web portal Disbun Provinsi Kaltim dan terus melakukan proses updating sesuai kebutuhan,” terangnya. (nus).

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Tinggalkan Komentar