BUDAYA+

Pemkab dan Kesultanan Kutai Gelar Pesta Adat Baseprah Tahun 2023

Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar menggelar pesta adat Beseprah dalam rangkaian perayaan Erau Adat Pelas Benua Tahun 2023.

Sultan dan kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, masyarakat, serta seluruh Organisasi Perangkat Daerah seperti Diskominfo Kukar ikut berpartisipasi dalam pesta adat yang digelar di depan Museum Mulawarman Tenggarong pada pagi hari Selasa, 26 September 2023.

Beseprah adalah bagian dari prosesi dalam ritual Erau Adat Pelas Benua Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Beseprah adalah kegiatan makan bersama antara Sultan Kutai dan rakyatnya dengan cara duduk bersila di atas tikar.

Tidak ada batasan sosial antara warga dan pejabat. Hal ini merupakan modal sosial yang mendekatkan dan mengakrabkan para pejabat dengan rakyatnya.

Beseprah dimulai setelah kentongan dari bambu dibunyikannya oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura bersama Bupati dan jajaran Forkopimda.

Bunyi kentongan disambut dengan gembira seluruh peserta terutama bagi masyarakat yang sejak pagi telah hadir untuk bisa menikmati makanan yang telah disediakan.

Bupati Edi Damansyah dalam sambutanya mengatakan bahwa tradisi beseprah merupakan kehendak Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura bersama Pemerintah Daerah menjamu rakyat untuk bersuka cita bersama dengan cara makan bersama.

“Beseprah adalah bagian dari Pesta Erau Adat Pelas Benua yang harus dijaga dengan baikterutamanya bagi para generasi muda. Cintailah tradisi adat istiadat di Tanah Kutai ditengah majunya jaman digitalisasi dan teknologi seperti sekarang ini,” ujarnya.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya ritual Beseprah di Tenggarong dengan baik, tertib, dan aman. (nus)

Comments

POPULER

To Top