BUDAYA+

Pertunjukan Seni Budaya Kaltim di di Sarinah Hibur Warga Ibu Kota

Warga ibu kota Jakarta menyaksikan Seni Budaya Kaltim dalam Penyelenggaraan Kaltim Exhibition 2023 di Anjungan Mall Sarinah Jakarta, pada Sabtu (24/6) sore. (Diskominfo)

Penyelenggaraan Kaltim Exhibition 2023 telah memasuki hari kedua dan kali ini berpusat di Anjungan Mall Sarinah Jakarta, pada Sabtu (24/6) sore. Berbagai pertunjukkan seni budaya khas daerah berhasil memikat hati para warga ibu kota yang hadir.

Tribun penonton yang menghadap ke panggung utama pun dipadati oleh warga kota yang tak ingin melewatkan kesempatan untuk menyaksikan secara langsung penampilan seni budaya khas Benua Etam.

“Antusiasme pengunjung sangat tinggi, baik dari sore hingga larut malam. Pertunjukan seni ditampilkan dengan melibatkan pengunjung dalam berbagai permainan menarik, serta memberikan hadiah berupa souvenir khas Kaltim,” ungkap Endang Sri Wahyuni selaku Kasi Promosi dan Informasi Badan Penghubung (Banhub) Kaltim di sela acara.

Pertunjukan Kaltim Exhibition dibuka dengan persembahan petikan Sape yang merupakan alat musik khas suku Dayak. Kemudian dilanjutkan dengan serangkaian tarian daerah persembahan  kabupaten/kota.

Beberapa tarian memukau di antaranya adalah Tari Ronggeng dari Paser, Tari Datun Bangen Tawai dari Kutai Kertanegara, Tari Dalling dari Berau dan Tari Jepen Kreasi dari Penajam Paser Utara.

Selain seni tari, juga ditampilkan fashion show yang menunjukkan karya-karya desainer lokal dari Balikpapan dan Kutai Barat. Pengunjung pun turut dihibur dengan permainan menarik yang disajikan oleh panitia penyelenggara, dengan berbagai hadiah menarik berupa souvenir khas Kaltim.

Puncak hiburan ditutup dengan penampilan dari Tari Jepen Belang Hatta dan Tari Enggang Exotica yang disajikan oleh UPTD Taman Budaya.

Tidak hanya pertunjukan seni, Kaltim Exhibition juga menampilkan pameran produk kriya dan wastra UMKM lokal yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 23 hingga 25 Juni 2023.

Berbagai produk UMKM lokal laris manis dan diminati oleh para pengunjung. Produk-produk tersebut antara lain kerajinan tangan (kriya), jajanan khas, serta kain batik dan tenun khas Kaltim. (KRV/diskominfokaltim/nus)

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Comments

POPULER

To Top