PERISTIWA+

Pemprov Kaltim Turun Tangan Atasi Sampah Pesisir dan Laut Balikpapan

Sampah di pesisir Balikpapan mendapat perhatian pemprov kaltim
Ilustrasi. Sampah di pesisir laut didominasi sampah plastik yang membahayakan biota laut. (mongabay)

Sampah di pesisir di Kota Balikpapan mendapat atensi Pemprov Kaltim.  Sebab, kewenangan pengelolaan kawasan pesisir ada pada provinsi.

Kabid PSLB3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kaltim Rina Juliati mengatakan, Balikpapan sudah baik dalam pengelolaan sampah pesisirnya.

Sampah yang ada saat ini, disebut dari sampah daratan.

“Masih ada faktor-faktor lain yang menyebabkan adanya sampah pesisir ini, ” terang Rina.

Rina melanjutkan, terkait penanganan kasus lingkungan ini, DLH Provinsi Kaltim telah dan terus berkomitmen melakukan pemantauan.

Bahkan melaksanakan berbagai program kerja sebagai wujud peran dan fungsi DLH untuk Benua Etam.

“Kegiatan kami kemaren sepanjang tahun 2022 hingga 2023 ini akan ada kegiatan pemantauan sampah di pesisir. Sebagai informasi, pemantauan sampah di pesisir ini hanya memantau dan mengambil sampel yang ada, bukan membersihkan, mengambil sampel yang terperangkap dengan sesuai edaran dari KLHK di situ ada titik-titik tertentu, ”sambungnya.

Ia menambahkan, untuk 2023 DLH Kaltim akan melakukan pemantauan periode satu di tiga kabupaten/kota, di antaranya Balikpapan, Bontang dan PPU.

Tak ketinggalan, DLH Kaltim juga bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unmul

“Untuk dilakukan sampah yang kita peroleh dilapangan itu dicuci bersih, dikeringkan dan ditimbang dikelasifikasikan berdasarkan kategorinya. Hal ini satu-satunya di Kaltim bila merujuk dari KLHK Pusat, sebab dasar gunanya yaitu sebagai sumber data,” sebutnya.

Namun demikian, DLH Kaltim pun terus bersinergi dengan banyak pihak.  Seperti halnya terkait sarana dan prasarana atas beberapa kewenangan yang sepenuhnya ada di DLH Kaltim,

Misalnya kolaborasi dan sinergi bersama Bappeda Kaltim dan Dinas PUPR Kaltim dan unsur Perangkat Daerah (PD) maupun pihak lainnya.

Oleh karena itu, langkah DLH Kaltim kedepannya setelah diperoleh hasil pemantauan maka akan segera rapat koordinasi lagi dengan semua pihak.

Sehingga, nantinya pihak terkait dengan penanganan sampah itu akan bersama-sama berkolaborasi dalam menangani permasalahan ini.

DLH pun berharap, kedepannya rencana-rencana aksi penanganan sampah laut dapat optimal terealisasi.

Pemerintah pun dalam hal ini turut mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan. (diskominfo kaltim/nus)

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Comments

POPULER

To Top