RAGAM+

Bangun Kerja Sama, Diskominfo Kaltim Akan Gelar Orientasi Lapangan di Jawa Timur

diskominfo kaltim kerja sama dinas kominfo jatim
Rombongan Diskominfo Kaltim diterima tuan rumah Dinas Kominfo Jatim, 3 April 2023. (ist)

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur berkunjung ke Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur.

Rombongan yang terdiri dari Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) dan Kehumasan Irene Yuriantini, beserta stafnya, disambut hangat di Ruang Argopuro kantor Diskominfo Jatim di Surabaya, Senin (3/4/2023).

Dinas Kominfo Jatim yang menyambut kunjungan Dinas Kominfo Kaltim ialah Kepala Bidang Komunikasi Publik (Kabid KP) Assyari beserta Kabid Data dan Statitik Nirmala Dewi dan Kabid Aplikasi dan Informatika (Aptika) Achmad Fadlil Chusni.

Kunjungan  tersebut membahas kerja sama antara keduanya terkait persiapan Orientasi Lapangan (OL) yang akan digelar Diskominfo Kaltim di Malang, pada Mei mendatang.

Kabid IKP dan Kehumasan Diskominfo Kaltim, Irene Yuriantini menjelaskan bahwa kegiatan OL yang akan digelar di Provinsi Jawa Timur nantinya ada tiga agenda.

“Rencananya kami nanti ada tiga agenda di Jawa Timur,” kata Irene.  

Kegiatan pertama, workshop tentang Komunitas Informasi Masyarakat atau KIM di hari pertama. Lalu, hari kedua pengelolaan media.

Dilanjut kegiatan hari ketiga orientasi lapangan atau OL dari semua kegiatan yang pernah dilaksanakan sebelumnya, seperti rapat koordinasi Dinas Kominfo se-Kabupaten/ Kota Kaltim kemarin.

“Makanya, kami rencana orientasi lapangannya dijadikan satu di Provinsi Jawa Timur, kalau memang memungkinkan bukan cuma dari Bidang KP dan Kehumasan tapi dari bidang lain,” jelas Irene.

Kenapa memilih Jawa Timur? Karena, Jawa Timur memiliki pengelolaan yang baik dan juga banyak sekali kemajuan.

“Nah, kalau kami lihat Provinsi Jatim ini banyak sekali meraih penghargaan. Jadi kami ingin belajar mungkin ada banyak yang kami benahi di instansi kami masing-masing yang baru kami dapatkan kalau seandainya kami dapat meluangkan kesempatan yang baik ini. Apalagi sudah ada Perjanjian Kerjasama (PKS), maka berharap ke depan lebih lancar untuk saling mendukung satu sama lain dalam hal kinerja sesuai dengan Permen Kominfo yang sudah ditetapkan,” ujar Irene.

Irene menyampaikan, khusus untuk Bidang IKP rencananya kegiatan OL nanti akan saling berbagi dan bertukar pikiran terkait yang masih perlu dibenahi antar kedua instansi.

“Karena kita bukan cuma provinsi saja, namun melibatkan kabupaten/kota terutama juga dalam pengelolaan SP4N LAPOR!, pengelolaan keterbukaan informasi publik. Nah, hal itu kita harapkan bisa membuka wawasan baru bagi kita terhadap hal-hal yang perlu kita benahi untuk lebih meningkatkan kinerja kita ke depan,” pungkasnya.

Di tempat sama, Kepala Bidang (Kabid) KP Dinas Kominfo Jatim, Assyari menyampaikan menyambut baik kunjungan Dinas Kominfo Kaltim ke kantor Dinas Kominfo Jatim ini.

Diskominfo Jatim, sambungnya, akan mendukung kegiatan OL yang akan digelar Diskominfo Kaltim.

Hal ini merupakan wujud sinergi dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah ditandatangani antar Dinas Kominfo Jatim dan Kaltim pada 28 Juli 2022 lalu di Kaltim saat Jatim melakukan misi dagang.

“Inilah bentuk kerja sama yang InsyaAllah akan kita mulai. Jadi, Diskominfo Kaltim itu akan melakukan kegiatan Orientasi Lapangan yang mungkin akan ditempatkan di Batu, dan kita akan mendukung narasumber termasuk memfasilitasi beberapa hal yang mungkin dibutuhkan,” terang Assyari.

Menurut Assyari, rencana kegiatan yang akan diadakan Diskominfo Kaltim itu sangat baik.

“Ini merupakan hal baik dan positif karena saling memberdayakan antar instansi,” tukasnya. (DiskominfoKaltim/nus)

 

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Comments

POPULER

To Top