Probebaya Award 2024, Apresiasi Bagi RT Terbaik Jalankan Pembangunan

probebaya award 2024
Penyerahan penghargaan Probebaya Award Tahun 2024 di Samarinda. (ist)

Tiga rukun tetangga (RT) di Kota Samarinda berhasil memenangkan penghargaan pada Probebaya Award. Berhasil menjadi yang terbaik dalam menjalankan pembangunan di level bawah melalui program wali kota Samarinda.

Probebaya merupakan program unggulan dari Wali Kota Samarinda Andi Harun. Atau dalam istilah lain Program Rp100-300 juta per-RT. Yang sampai saat ini masih berjalan konsisten sejak dirilis pada tahun 2021 silam.

Program Probebaya sendiri ditujukan untuk melakukan pemerataan pembangunan di Kota Samarinda. Yang dimulai dari level paling bawah alias RT. Seperti infrastruktur jalan, gapura, hingga pemberdayaan masyarakat.

Memasuki akhir tahun, wali kota Samarinda menggelar Probebaya Award. Sebagai bentuk apresiasi atas kinerja RT terbaik yang mampu memanfaatkan anggaran untuk pembangunan di level bawah tersebut.

Digelar secara meriah di Gedung Convention Hall, Jalan Wahid Hasyim, Samarinda pada Sabtu, 21 September 2024. Dihadiri oleh seribu lebih RT di bawah kepemimpinan Andi Harun.

Terdapat 3 kategori penghargaan yang diberikan kepada 3 RT terbaik pada Probebaya Award tahun ini. Pertama infrastruktur, kedua ekonomi dan sosial budaya, serta pendidikan, kesehatan, dan kepemudaan.

Untuk peraih penghargaan Probebaya Award 2024 di bidang infrastruktur, diambil oleh RT 73 Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang.

Lalu, kategori ekonomi dan sosial budaya diraih oleh RT 25 Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Loa Janan Ilir.

Sementara kategori bidang pendidikan, kesehatan, dan kepemudaan, penghargaan berhasil diraih oleh RT 36 Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu.

Ketiganya tidak hanya mendapatkan penghargaan dan kehormatan. Melainkan juga mendapatkan hadiah jutaan rupiah. Yang kemudian bisa dikelola lagi untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Untuk RT terbaik, masing-masing mendapatkan hadiah Rp25 juta dan tambahan dana Probebaya Rp 100 juta. Selain itu, beberapa RT lainnya yang masuk sebagai nominator tetap mendapatkan hadiah sebanyak Rp25 juta dan tambahan dana Probebaya Rp50 juta.

Wali Kota Samarinda Andi Harun menjelaskan, dirinya sengaja menghadikan program Probebaya sebagai kegiatan pembangunan infrastruktur kecil sederhana dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di lingkungan RT.

“Probebaya Award sebagai apresiasi pemerintah atas keberhasilan para ketua RT dan semua elemen masyarakat di tingkat RT yang telah melaksanakan kegiatan Probebaya dalam rangka memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat lingkungan RT,” jelas Andi Harun Sabtu, 21 September 2024.

Andi Harun bilang berdasarkan data dan pengakuan luas masyarakat, kegiatan Probebaya termasuk yang efektif dan menjadi jawaban atas kegiatan pembangunan di tingkat RT yang sering terlupakan.

Sehingga dirinya mendorong agar Probebaya bisa dimanfaatkan atau menjadi inspirasi program di seluruh kabupaten/kota diKaltim. Sehingga tidak hanya Kota Samarinda saja. “Di samping tentu program pembangunan lain berskala menengah ke atas juga kita lakukan,” tambahnya.

Andi berharap, program Probebaya sendiri membawa manfaat yang besat bagi masyarakat. Dia mengimbau kepada seluruh pihak terutama RT, agar terus memanfaatkan dana Probebaya pada tempatnya.

“Kita jaga, jangan ada yang disalahgunakan kita jaga integritasnya dan mudah-mudahan memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat,” pungkasnya. (ens/nus)

Tinggalkan Komentar