Desa Pela Kukar Raih Peringkat 5 Nasional di Ajang Lomba Desa Wisata Nusantara 2024

Desa Pela Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil meraih peringkat lima dalam ajang Lomba Desa Wisata Nusantara 2024. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Puguh Harjanto hadir mewakili Penjabat (Pj) Gubernur pada Malam Apresiasi Lomba Desa Wisata Nusantara, Penggerak Swadaya Masyarakat Teladan, dan Tenaga Pendamping Profesional Inspiratif Tahun 2024. 

Ia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada desa-desa yang telah menunjukkan kinerja luar biasa dalam mengembangkan potensi wisata. Serta kepada individu-individu yang berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan masyarakat. 

Desa wisata menjadi salah satu strategi utama untuk meningkatkan perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja baru, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa yang berkelanjutan.

“Desa wisata bukan hanya sekadar destinasi, tetapi merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat desa. Kita harus bersama-sama memberdayakan potensi lokal agar setiap desa dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Puguh saat menghadiri Malam Apresiasi Lomba Desa Wisata Nusantara, Penggerak Swadaya Masyarakat Teladan, dan Tenaga Pendamping Profesional Inspiratif Tahun 2024 di Nusa Dua Bali, Sabtu (28/9/2024).  

Lomba Desa Wisata Nusantara ini memiliki tujuan mulia. Yakni mendorong pengembangan desa yang berbasis pariwisata. Dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada, diharapkan desa-desa di Indonesia dapat meningkatkan ketahanan ekonomi dan mengurangi kesenjangan antar wilayah. 

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung pelayanan dasar, selaras dengan pilar-pilar Sustainable Development Goals (SDGs).

Selama malam apresiasi, berbagai kategori penghargaan disampaikan, mengakui upaya dan dedikasi para penggerak desa. Provinsi Kalimantan Timur berhasil meraih tiga penghargaan yang membanggakan, menegaskan komitmen Kaltim dalam pengembangan desa wisata.

Tiga pernghargaan yang diraih Kaltim di antaranya, piagam penghargaan dan lencana yang diberikan untuk Pj Gubernur Kaltim atas  Komitmen dan Dedikasi dalam Membina Desa Wisata sehingga Desa Pela Menjadi Juara pada Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2024 Kategori Sangat Tertinggal/Tertinggal/Berkembang. Juara 5 Lomba Desa Wisata Nusantara Kategori I yang di raih oleh Desa Pela Kukar dan  Juara 1 Pelopor Desa Wisata Inspiratif yang di raih oleh Alimin Azarbaijan dari Desa Pela. (red)

Tinggalkan Komentar