Pemprov Kaltim Naik Kelas, EPSS Naik Menjadi Predikat Baik

Kepala Diskominfo Kaltim M Faisal. (ist)

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) meraih nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) sebesar 2,68 dengan predikat BAIK.

Capaian ini meningkat dibandingkan tahun 2023, di mana Pemprov Kaltim meraih nilai 2,26 dengan predikat CUKUP.

Diketahui, Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) mengumumkan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2024.

Pengumumuman itu dikeluarkan melalui Keputusan Kepala BPS Nomor 605 Tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah tanggal 11 September 2024.

“Alhamdullillah pada EPPS tahun ini, Provinsi Kaltim naik kelas dari predikat CUKUP tahun 2023 dan masuk di predikat BAIK di tahun 2024. Nilai IPS-nya juga naik dengan nilai 2,26 tahun lalu menjadi 2,68 di tahun ini” kata Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal, Rabu (16/10/2024). 

Penilaian Indeks Pembangunan Statistik (IPS) dan predikat EPSS memang baru dimulai pada tahun 2023 lalu di seluruh Indonesia kepada dinas yang menjadi wali data tingkat provinsi maupun kabupaten/kota serta instansi pusat.

“Penilaian ini dilakukan memang hanya di Diskominfo Kaltim saja. Karena kami memang baru tiga tahun ini ditetapkan sebagai wali data Provinsi Kaltim yang bertanggung jawab terhadap data sectoral,” lanjut Faisal.

Hasil penilaian Indeks Pembangunan Statistik (IPS) dan predikat EPSS, kata Faisal, menjadi motivasi tersendiri untuk terus meningkatkan kualitas data dan ketersediaan data statistik sektoral di lingkut Provinsi Kaltim.

“Mudah-mudahan ini menjadi motivasi kuat bagi kami untuk terus secara konsisten meningkatkan ketersediaan dan kualitas data sektoral di Pemprov Kaltim. Tidak saja untuk kebutuhan pimpinan dalam mengambil kebijakan strategis, tapi juga untuk kebutuhan publik akan data yang kami sajikan dalam open data,” ucapnya serius sambil mengakhiri pembicaraan dengan awak media.

Tak lupa, Faisal juga mengucapkan terima kasih kepada BPS Kaltim sebagai Pembina Data di tingkat provinsi yang selalu menjadi mitra dalam meningkatkan kualitas data.

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang membutuhkan data sektoral dapat melihat langsung portal Satu Data Kaltim dengan tautan, www.datakaltim.kaltimprov.go.id. (Mf/KRV/pt/nus) (Sumber: Diskominfo Kaltim)

Tinggalkan Komentar