Gubernur Kaltim Tegaskan Komitmen Mitigasi Risiko Bencana dalam Peringatan Bulan PRB

Gubernur Kaltim Tegaskan Komitmen Mitigasi Risiko Bencana dalam Peringatan Bulan PRB
Gubernur Kaltim Tegaskan Komitmen Mitigasi Risiko Bencana dalam Peringatan Bulan PRB

Gubernur Kaltim Isran Noor menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam mitigasi risiko bencana. Komitmen ini disampaikannya saat hadir dalam penutupan puncak rangkaian acara peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2022 di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Jumat (14/10/2022).

“Kami merasa terhormat dan bahagia sebagai tuan rumah pelaksana Bulan PRB di Balikpapan ini. Selamat datang di IKN” tuturnya.

Isran menyebut, pelaksanaan PRB di Kaltim ini juga menjadi bentuk komitmen Pemprov. Dalam keseriusan menghadapi dan mengatasi potensi bencana yang akan terjadi. Terutama, sebagai upaya mitigasi dan pengurangan risiko bencana.

“Komitmen pengurangan risiko bencana ini adalah bentuk penjagaan dan kecintaan pada bangsa dan negara. Indonesia yang memiliki kekayaan dan keindahan alam bak surgawi harus dijaga dan dilestarikan,” terangnya.
“Jangan sampai terjadi kerusakan lingkungan yang memicu bencana alam dan menyebabkan kehancuran wilayah dan penderitaan ada korban,” sambung Isran.

Orang nomor satu di benua Etam ini juga mengapresiasi penanaman 770 bibit pohon di kawasan hijau hutan kota Perumahan Daksa Balikpapan. Yang menjadi salah satu rangkaian agenda PRB 2022.

“Pohon yang Anda tanam hari ini, lima tahun lagi akan tumbuh besar dan berakar kuat yang bisa mengurangi risiko bencana banjir dan tanah longsor di kawasan tersebut,” ungkapnya.

Mantan Bupati Kutai Timur ini juga mengajak para peserta untuk mendukung pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Sekaligus menyosialisasikan pentingnya pemindahan IKN sebagai upaya pemerataan dan keadilan pembangunan bagi seluruh Nusantara.

“IKN ini bukan untuk Kaltim saja. Tetapi, untuk kemajuan bangsa ini. Dengan pemindahan IKN, pembangunan akan lebih Indonesia sentris. Bukan lagi, Jawa sentris,” pungkasnya. (***)

Tinggalkan Komentar