Kemenag Ajak Masyarakat Kaltim Ikut Memperingati Hari Santri Nasional

Kemenag Ajak Masyarakat Kaltim Ikut Memperingati Hari Santri Nasional
Kemenag Ajak Masyarakat Kaltim Ikut Memperingati Hari Santri Nasional

Kementerian Agama (Kemenag) mengajak masyarakat Kaltim untuk ikut memperingati Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2022. Pasalnya Hari Santri bukan semata milik santri, melainkan milik bersama.

“Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan,” kata Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah Diddy Rusdiansyah Anan Dani saat membacakan sambutan Menteri Agama (Menag) dalam Upacara Bendera Peringatan Hari Santri Nasional di Gedung GOR Segiri Samarinda Jalan Kesuma Bangsa, Sabtu (22/10/2022), yang digelar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kaltim.

“Karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat Kaltim pada khususnya, masyarakat Indonesia pada umumnya, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia,” sambungnya.

Upacara Bendera Peringatan Hari Santri ini sendiri dilaksanakan serentak pada 22 Oktober 2022. Dengan tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Kata Diddy, Hari Santri merupakan momentum mengingat dan mengenang jasa para santri. Yang sudah berjuang untuk menegakkan kemerdekaan RI.

“Presiden Joko Widodo secara resmi menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai peringatan Hari Santri di Masjid Istiqlal Jakarta pada 15 Oktober 2015 silam. Penetapan itu diatur melalui penandatanganan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 terkait Hari Santri,” tegasnya. (***)

Tinggalkan Komentar