Komitmen Tingkatkan SDM, Disbun Kaltim Dampingi dan Berdayakan Poktan

Pelatihan Pendampingan dan Pemberdayaan Kelompok Tani (Poktan) Perkebunan digelar Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim di Balai Dusun Rimba Jaya Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (12/10/2022).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 12 dan 13 Oktober 2022, diikuti poktan Sumber Sari Rezeki ini merupakan komitmen Disbun Kaltim dalam meningkatkan sumber daya manusia poktan.

“Sektor pertanian Kaltim didominasi oleh subsektor perkebunan. Kelembagaan Petani dalam hal ini kelompok tani merupakan organisasi milik petani yang didirikan dari dan untuk petani yang mana keberadaannya selalu dikaitkan dengan keberhasilan pembangunan pertanian di daerah,” ungkap Kepala Bidang Pengembangan Komoditi Rr Zuraida Henny Hapsari mewakili Kepala Disbun Kaltim.

Dijelaskan, poktan adalah kumpulan petani /peternak/pekebun yang dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan. Kesamaan kondisi lingkungan sosial, ekonomi, sumber daya, kesamaan komoditas dan keakraban untuk meningkatkan serta mengembangkan usaha anggotanya.

“Pembinaan dan pendampingan kelompok tani ini, merupakan salah satu strategi untuk mendukung pemberdayaan, penumbuhan, dan penguatan kelembagaan petani di sektor perkebunan. Di mana pembinaan tersebut melalui pelatihan petani/poktan/gapoktan yang ada di kabupaten/kota di Kalimantan Timur,” paparnya.

Zuraida mengharapkan kegiatan ini mampu memberikan sumbangsih yang besar bagi peningkatan wawasan, keterampilan dan pengelolaan manajemen kelembagaan petani. Dari yang semula kurang aktif menjadi lebih produktif ke depannya. Sehingga mampu meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan.

Disbun sendiri disebut menggelar pembinaan dan pendampingan selama kurun waktu tiga tahun terakhir sejak 2019. Yaitu melalui kegiatan perluasan, rehabiitasi, intensifikasi dan peremajaan di tujuh komoditas yang dikembangkan seperti kelapa sawit, karet, kelapa dalam, kakao, lada, pala dan aren. (***)

Tinggalkan Komentar