DPMPTSP Kaltim Sosialisasikan Service Excellent, Tingkatkan Pelayanan SDM terhadap Pelaku Usaha

Upaya peningkatan pelayanan sumber daya manusia (SDM) terhadap pelaku usaha terus dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim. Salah satunya melalui sosialisasi service excellent.

Sebanyak 35 Peserta dari kabupaten/kota di Kaltim mengikuti pembekalan ilmu terkait komunikasi pelayanan di Hotel Mercure Samarinda, Rabu (5/10/2022). Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan meningkatkan fungsi layanan kepada pelaku usaha perizinan dan non perizinan di PTSP daerah.

Kepala Bidang Layanan Pengaduan dan Informasi Perizinan Yasintha Purwanti Parera mewakili Kepala Dinas mengatakan, tujuan lain pembekalan ini juga untuk menumbuhkan rasa percaya masyarakat kepada pemerintah daerah dengan standar pelayanan terbaik.

Kata dia, layanan service excellent atau pelayanan prima merupakan hal yang sangat penting. Lantaran tuntutan masyarakat mengenai layanan Pemerintah terhadap layanan birokrasi yang efektif, efisien, berintegrasi dan transparan.

Demi memberikan pelayanan publik yang berkualitas itu, dibutuhkan standar pelayanan prima yang baik. Sehingga bisa memenuhi ekspektasi yang diinginkan dan masyarakat terpuaskan.

“Kami ingin membekali personal dalam memberikan pelayanan lebih bersahabat, ramah dan menyenangkan. Sekaligus bagaimana menghadapi komplain dari pelaku usaha dan menjadikan komplain sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan,” ungkap Yasintha.

“Nantinya juga peserta dibekali teknik melakukan pelayanan prima kepada pelaku usaha dalam melakukan perizinan,” sambungnya. (***)

Tinggalkan Komentar