Kaltim Kembali Raih Penghargaan Pembinaan Program Kampung Iklim

Kaltim Kembali Raih Penghargaan Pembinaan Program Kampung Iklim
Kaltim Kembali Raih Penghargaan Pembinaan Program Kampung Iklim

Prestasi membanggakan kembali diraih Kaltim. Yaitu dengan kembali diraihnya Piagam Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim Tingkat Provinsi.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Selasar Ruang Rapat Rimbawan 1 Gedung Manggala Wanabhakti Kementerian LHK, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim EA Rafiddin Rizal yang mewakili para penerima dalam penyerahan ini menjelaskan, penghargaan Proklim kategori Lestari diraih oleh Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Sambutan Kota Samarinda.

Sedangkan, kategori utama diraih oleh Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang dan Desa Muser, Kecamatan Muara Semu, Kabupaten Paser.

“Penghargaan diberikan secara simbolis oleh Menteri LHK secara virtual, secara faktualnya diwakili oleh Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian LHK. Alhamdulillah Kaltim menerima kembali penghargaan Proklim,” ungkap Rizal.

Menurutnya penghargaan ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim melalui DLH. Yang terus mengimplementasikan gerakan pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas sebagai bentuk pengakuan pemerintah atas inisiatif, dedikasi dan komitmen masyarakat Kaltim dalam melaksanakan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Hal tersebut merupakan dukungan Pemerintah Daerah, khususnya Pemprov Kaltim dalam merealisasikan program Pemerintah Pusat untuk mencapai target 20 ribu Kampung Iklim hingga 2024.

Terkait penghargaan Proklim yang telah diterima oleh kabupaten/kota di Benua Etam, Rizal mengaku sangat bangga dan mengapresiasi kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas yang telah dilakukan oleh para pihak. Sehingga Kaltim bisa mendapatkan penghargaan Proklim dari Kementerian LHK.

Menurut Rizal, penghargaan kedua untuk Program Kampung Iklim (Proklim) ini menjadi motivasi bagi kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur yang belum mendapatkan penghargaan sejenis untuk bisa menyusul dan berusaha mendapatkan penghargaan yang sama pada tahun berikutnya.

Rizal menambahkan ini pertama kalinya Kaltim menerima penghargaan Proklim untuk kategori Lestari. Dengan kewajiban lokasi yang diusulkan bisa melakukan pembinaan pada sepuluh lokasi Kampung Iklim.

Selain itu terdapat sebelas lokasi yang diajukan sebagai calon penerima di kategori utama dan mendapatkan penghargaan dari Kementerian LHK adalah kelurahan/ desa di Kota Bontang dan Kabupaten Paser. (***)

Tinggalkan Komentar