Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas Dibuka 20 Februari 2023

Beasiswa Kaltim Tuntas akan dibuka 10 Februari mendatang

Beasiswa Kaltim Tuntas bakal resmi dibuka 20 Februari 2023 mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Badan Pengelola (BP) BKT Iman Hidayat.

“Rencana 20 Februari hingga Maret dibuka. Estimasi pendaftaran itu biasanya sekitar sebulan. Untuk info lainnya tunggu rilis resminya,” jelas Iman saat dihubungi Kaltimfaktual.co, jaringan Nusantara+ via telepon, Selasa, 31 Januari 2023.

Iman mengatakan, jika alokasi kuota penerima beasiswa tahun 2023 dipastikan meningkat dari tahun sebelumnya.

“Calon pendaftar tetap diperuntukkan bagi mahasiswa dan siswa. Dan bisa dipastikan kuota penerima beasiswa akan bertambah dibandingkan tahun lalu.”

“Kita juga prediksi kalau pendaftar akan lebih banyak pula dari tahun-tahun sebelumnya.”

Iman juga bilang, jika Pemprov Kaltim telah mengalokasikan dana sekitar Rp375 miliar yang bersumber dari APBD Kaltim.

Lebih lanjut, Ia menyebutkan jika terdapat perubahan pada petunjuk teknis (Juknis). Itu terjadi akibat pada periode sebelumnya, banyak dari calon pendaftar gugur karena kesalahpahaman juknis itu sendiri.

“Untuk jenis beasiswa tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya yakni Kaltim Tuntas Mahasiswa, Kaltim Stimulan Mahasiswa, Kaltim Stimulan Siswa. Dan juga sub kategori lainnya.”

“Perubahan hanya terletak pada juknis. Tapi tidak terlalu banyak perubahan. Dalam juknis terbaru ini lebih detail isinya. Ini menghindari kesalahpahaman dan kekeliruan yang dilakukan saat melakukan pendaftaran,” sambung Iman.

Iman pun tak lupa mengingatkan, agar para calon pendaftar bisa lebih teliti dalam mengisi persyaratan administrasi. Misalnya memasukkan transkrip nilai terbaru, yakni indeks prestasi kumulatif (IPK), bukan indeks prestasi (IP).

“Banyak sekali yang gugur karena kesalahan input transkrip. Itu fatal sekali. Walaupun IPK tinggi tapi tidak teliti ya rugi sendiri,” ujarnya.

Perlu diketahui jika pada tahun 2022 tercatat sebanyak 84.204 pendaftar untuk semua kategori.

Berdasarkan hasil seleksi, maka ditetapkan penerima Beasiswa Kalimantan Timur, baik Beasiswa Kategori Tuntas maupun Kategori Stimulan berjumlah 39.944 orang.

Dengan rincian, yakni Beasiswa Tuntas sebanyak 6.556 penerima, Beasiswa Stimulan Mahasiswa sebanyak 11.535 penerima, dan Beasiswa Stimulan Siswa sebanyak 21.853 penerima. (nus/red1)

Tinggalkan Komentar