DPKH Kaltim Bagikan Peralatan Potong Kurban

DPKH Kaltim salurkan bantuan peralatan potong kurban

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim menyerahkan bantuan peralatan hewan kurban kepada sejumlah masjid.

Di antara masjid yang mendapat bantuan itu adalah Masjid Nurul Mu’minin (mesin pemotong tulang manual, gerinda, pitau), Masjid At-Taqarrub 1 set pisau kurban dan Masjid As-Sajadah 1 set pisau kurban.

Bantuan simbolis diserahkan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur M Syirajuddin pada Edukasi Pemotongan Ternak Qurban Yang Halal dan Penanganan Daging Qurban Yang Higenis Tahun 2023, di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (27/6/2023).

Kepala DPKH Kaltim Fahmi Himawan mengatakan, Pemerintah Provinsi Kaltim turut berkontribusi membantu peralatan potong hewan kurban.

Yaitu berupa peralatan mesin, baik yang berupa alat potong manual maupun mesin gerinda untuk memotong daging dan kurban di masjid-masjid.

“Tahun ini kita alokasikan 15 alat potong pisau kepada 15 masjid dan 9 mesin potong gerinda maupun potong manual untuk 9 masjid,”ungkapnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat yang melakukan kegiatan pemotongan hewan kurban di masjid dapat mengajukan proposal bantuan peralatan pemotongan hewan.

Ia pun berharap alat tersebut nantinya bisa bermanfaat dan memastikan hewan tidak tersakiti. Namun alat tersebut bukan milik pribadi yang bisa dibawa pulang kerumah.

“Kami sangat berharap alat-alat tersebut bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masjid, sehingga mendapatkan pahala yang berkelanjutan ketika alat-alat tersebut senantiasa dipakai sesuai dengan peruntukan pengadaannya,”pintanya.

Selain membagikan peraatan, DPKH pun telah melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap lapak-lapak penjual hewan kurban yang ada di kabupaten dan kota se-Kaltim. (Prb/ty/DiskominfoKaltim/nus).

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Tinggalkan Komentar