Puluhan Mahasiswa Kuliah Politik di Kantor DPRD Kaltim

kuliah pengantar politik

Puluhan mahasiswa mengikuti kuliah pengantar ilmu politik yang disampaikan anggota DPRD Kaltim Rusman Ya’qub, di Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (2/11/2023).

Mereka adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman Samarinda.

Kesempatan ini menjadi peluang mahasiswa memahami tugas dan fungsi anggota legislatif.

“Kalau melihat salah satu implementasi politik kekuasaan itu ya DPRD. Jadi saya sampaikan tentang ilmu teori politik,” jelas Rusman Ya’qub usai memberi kuliah umum.

Ia mengaku kegiatan semacam ini bukan kali pertama dilakukan dewan. Sebab DPRD Kaltim selalu terbuka dalam proses pembelajaran dan penyampaian informasi yang memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

“DPRD juga dapat dilihat sebagai tempat pendidikan, karena di DPRD menurut saya menjadi tempat menimba ilmu secara langsung. Sehingga mahasiswa tidak hanya tahu tentang teori saja, tetapi mahasiswa juga tahu apa sih kerjanya DPRD,” ujarnya.

Politikus PPP itu menjelaskan, kegiatan ini juga bagian dari upaya menjelaskan kepada public, bahwa menjadi anggota dewan itu harus memiliki ilmu pengetahuan dan gagasan terhadap kepentingan publik. Serta berkompetisi dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat yang diwakili.

“Adik-adik mahasiswa ini lah yang dimasa depan akan menjadi pengganti anggota dewan yang duduk di DPRD Kaltim. Ini pengenalan kepada mereka semua dan tentu harapannya apabila diantara mereka nantinya yang memilih jalur politik praktis bisa menyelaraskan antara ide dan gagasan dengan kepentingan masyarakat,” harapnya. (jek/nus)

ADVERTORIAL DPRD KALTIM

Tinggalkan Komentar