Kepala Pusdalops PB BNPB Kunjungi BPBD Kaltim, Tingkatkan Kapasitas Pusdalops PB

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim menerima kunjungan Kepala Pusat Pengendalian Operasi BNPB Penanggulangan Bencana, Bambang Surya Putra, pada 31 Oktober 2023. Dalam agenda Proyek Prakarsa Ketangguhan Bencana Indonesia Disaster Resilience Initiatives Project (IDRIP) dan Upaya Peningkatan Kapasitas Pusdalops PB (Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pusat Pengendalian Operasi BNPB Penanggulangan Bencana Bambang Surya Putra berpesan, bahwa Unit Pusdalops BPBD wajib memiliki tenaga SDM yang handal memahami mekanisme dan SOP dilapangan. Sebagai kebutuhan dari kapasitas Pusdalops yang mendukung dalam Penanggulangan Bencana.

“Provinsi Kaltim merupakan kunjungan pertama kami berkaitan  dengan peningkatan kapasitas Pusdalops dan Provinsi Kaltim juga bagian dari IKN sehingga perlunya peningkatan peralatan dan SDM, tutur Kepala Pusdalops PB BNPB,” jelasnya.

Adapun kegiatan Prakarsa Ketangguhan Bencana Indonesia Idrip ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan pemerintah pusat dan daerah prioritas dalam menghadapi bencana di masa depan.

Hal ini dapat dilakukan melalui pemahaman tentang 4 (empat) kuadran Multi Hazard Early Warning System (MHEWS) atau disebut dengan Sistim Peringatan Dini Multi Ancaman Bencana (Sisperdimana).

“Yakni peningkatan pengetahuan risiko, peningkatan sistem pemantauan dan layanan peringatan, peningkatan sistem dan kapasitas manajemen bencana, serta memberikan layanan peringatan dini yang tepat waktu, akurat dan inklusif,” tegasnya.

Kepala BPBD Provinsi Kalimantan Timur yang di wakili oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Rudy Syafriadi sangat menyambut baik kunjungan ini.

Katanya, ini sebuah bentuk kepedulian Pemerintah Pusat terutama BNPB, untuk mengembangkan SDM yang berada daerah. “Apalagi kami Provinsi Kalimantan Timur berada di lingkup IKN, ini akan menjadi sebuah tantangan baru dan kami wajib memperbarui ilmu dalam menanggulangi bencana,” terangnya. 

Dalam upaya mendukung peningkatan Kapasitas Pusdalops PB BPBD Prov. Kaltim, Kepala Pusdalops PB BNPB langsung di damping Oleh Konsultan terkait survey awal apa saja yang diperlukan dan ditingkatkan untuk kebutuhan yang akan datang dalam Penanggulangan Bencana. (bpbdkaltim/red)

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Tinggalkan Komentar