BPBD Kaltim Laksanakan Entry Meeting Penilaian Indeks Ketahanan Daerah

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim melaksanakan rapat Entry Meeting Indeks Ketahanan Daerah (IKD) Provinsi Kalimntan Timur Tahun 2023.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Prov. Kaltim Agus Tianur, di Hotel Golden Tulip Balikpapan (31/10/23).

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan perlunya membangun persepsi, komitmen dan bersinergi dalam meningkatkan Indeks Ketahan Daerah (IKD).

Ia pun mengapresiasi pelaksanaan Kegiatan Indeks Ketahanan Daerah (IKD) yang menjadi salah satu elemen penting bagi pemerintah untuk menghitung tingkat risiko bencana di tiap daerah. Guna mendukung pengurangan Risiko Bencana yang berdampak pada kesejahteraan kehidupan masyarakat. “Atau bahkan dapat menimbulkan korban bencana,” tegasnya.

Adapun Indeks Ketahanan Daerah Provinsi Kalimantan Timur di tahun 2022 sangat rendah yaitu 0,37 %. Di mana untuk nilai IKD sangat menentukan Nilai IRBI (Indeks Risiko Bencana Indonesia) Provinsi Kalimantan Timur yang tiap tahunnya dirilis oleh BNPB.

Kegiatan ini dihadiri 10 BPBD Kab/Kota se-Kalimantan Timur yang diwakili masing-masing Operator dan didampingi oleh penanggung jawab,  jajaran Pejabat Struktural BPBD Provinsi Kalimantan Timur (Sekretaris, Kabid PK, Kabid RR dan Pejabat Fungsional).

Kegiatan ini dibimbing oleh narasumber dari BNPB yaitu ibu Franta Eveline, SE.M.Ak.  BPBD Kab/Kota sangat terbantu dalam kegiatan ini khususnya dalam pengisian nilai Indek Ketahanan Daerah dalam menyiapkan bukti/evidence sesuai dengan pembuktian dalam validasi. (bpbd/red)

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Tinggalkan Komentar