Dinsos Kaltim Beri Pembekalan SDM Program PKH terkait Penanganan Stunting dan P2K2di Kutai Barat

Dinas Sosial Provinsi Kaltim memberikan pembekalan SDM Program Keluarga Harapan (PKH) terkait Penanganan Stunting dan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023 di Kabupaten Kutai Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada tanggal 06-08 November 2023. Berlangsung di Ballroom Grand Family Hotel, Jl. Antasari, Barong Tongkok, Kutai Barat.

Kepala Dinsos Kaltim Andi Muhammad Ishak, menjadi narasumber utama kegiatan tersebut.

Ia merefresh dan mengingatkan kembali tentang tugas dan kewajiban Koordinator Kab/Kota dan Pendamping Sosial PKH seperti tugas dari Korkab/Kota. Yaitu menyusun rencana kerja, melaksanakan sosialisasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah, dan melakukan aktivitas peningkatan kapasitas SDM PKH.

Selain itu, tugas dan kewajiban Pendamping Sosial yaitu melakukakan sosialisasi PKH kepada aparat pemerintah, melaksanakan proses bisnis PKH, memastikan KPM memperoleh bantuan program komplementer, dan menyusun laporan pelaksanaan P2K2 dan PKH kepada Korkot/Korkab dan Dinas Sosial Kab/Kota secara berkala.

Selanjutnya, paparan materi dari narasumber Sekretaris Perwakilan BKKBN Prov. Kaltim Al Khafid Hidayat, Dinas Kesehatan Prov. Kaltim Fitnawati (via Zoom), dan Kabid PPM Bappeda Prov. Kaltim Mispoyo (via Zoom).

Sebagai informasi, hingga saat ini total SDM PKH di Kab. Kutai Barat berjumlah 28 orang di Kab. Kutai Barat dan di Kab. Mahakam Ulu berjumlah 1 orang.

Setelah pemaparan materi oleh beberapa narasumber, kegiatan kembali berlanjut dengan bermain dengan beberapa permainan yang dibawakan tim Pekerja Sosial (Peksos) Dinas Sosial Prov. Kaltim. Permainan diikuti oleh semua peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Sebelum berakhirnya kegiatan yang dalam hal ini ditutup secara resmi oleh Kabid Linjamsos Achmad Rasyidi, dilakukan penyerahan hadiah kepada peserta yang memenangkan permainan yang sudah dilaksanakan mulai dari Juara 3 hingga Juara 1. Semua peserta sangat senang dan gembira setelah menerima hadiah tersebut. (mcdinsos/red)

ADV DISKOMINFO KALTIM +

Tinggalkan Komentar