Puji Setyowati: Buaya Riska Bisa untuk Pengembangan Wisata Konservasi

buaya riska

Fenomena buaya yang diberi nama Riska di Sungai Guntung, Bontang menarik perhatian publik. Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Puji Setyowati mendorong penanganan Riska untuk mengembangkan sektor pariwisata yang berkelanjutan.

Diketahui, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur (Kaltim) telah mengevakuasi buaya Riska yang berada di Sungai Guntung. Proses evakuasi sebelumnya sempat gagal karena mendapatkan penolakan dari Ambo, sosok yang dekat dengan buaya Riska.

Namun akhirnya, evakuasi buaya Riska dari Sungai Guntung, Kelurahan Guntung, Kota Bontang ke Penangkaran Teritip, Balikpapan berhasil dilakukan pada Selasa 3 Oktober 2023 lalu.

Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, Puji Setyowati mengungkapkan buaya Riska yang kini menjadi perhatian publik. Dapat dimanfaatkan sebagai aset penting Kaltim.

“Salah satu caranya, dengan memberikan tanggung jawab penanganan buaya Riska kepada lembaga resmi terhadap perlindungan hewan,” ungkapnya, Rabu 1 November 2023.

Lebih lanjut, Politisi Demokrat ini juga menyoroti pentingnya perlakuan yang sesuai dalam pemeliharaan buaya riska ini. Puji mengatakan penanganan buaya riska ini tidak hanya mengenai kebutuhan makanan, kesehatan, dan gizi binatang saja. Tetapi juga mengenai manajemen limbah yang dihasilkan.

“Jika tempat pemeliharaan berada dekat dengan pemukiman, dapat menimbulkan pencemaran udara yang pada akhirnya akan berdampak buruk pada kesehatan penduduk di sekitarnya,” pungkasnya. (dmy/jek/nus)

ADVERTORIAL DPRD KALTIM

Tinggalkan Komentar