Arsip Desa Belum Tertib, DKP Kukar Dorong Kesadaran Perangkat Desa

Pemerintah Desa di Kutai Kartanegara (Kukar) ternyata belum secara rapih mengelola tertib arsipnya. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kukar terus berusaha meningkatkan tata keoloa arsip di pemdes.

Satu langkah pasti, Pemkab sudah melakukan sosialisasi gerakan tertib arsip dan penyelamatan arsip sejarah desa. Diharapkan dengan tersosialisasikan hal itu kepada perangkat desa, perangkat desa dapat segera meningkatkan kualitas tertib arsipnya.

“Dengan adanya sosialisasi gerakan tertib arsip dan penyelamatan arsip sejarah desa maka diharapkan tujuan dapat tercapai diperlukan penyelengaraan kearsipan sesuai dengan prinsip kaidah, dan standar kearsipan untuk menjamin pencipta arsip baik di kabupaten, kecamatan, dan desa dapat menyelenggarakan,” kata Kepala DKP Kukar, Aji Linda Rodiah, di tengah sosialisasi tertib arsip desa di Hotel Puri Senyiur Samarinda, Senin ( 27/11/2023).

Kegiatan tersebut digelar karena belum tertibnya pengelolaan administrasi arsip di desa yang pada sisi lainnya masih rendah kesadaran tentang pentingnya arsip bagi masyarakat desa.

“Sehingga berujung banyak kasus hukum dan tidak terlindungi hak pendataan masyarakat, dan masyarakat banyak tidak mengetahui riwayat keabsahan desanya sehingga mengurangi kebanggan akan desanya,” jelasnya. (adv/red)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar