Melihat Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda Kala Sambangi Arsip DPK Kaltim

Arsip DPK Kaltim menjadi wisata edukasi bagi sejumlah pihak. Mulai dari skeolah hingga organisasi kemasyarakatan. Dalam menimba ilmu atau belajar tata kelola kearsipan yang baik dan benar.

Salah satu yang pernah melakukannya adalah SD Muhammadiyah 3 Samarinda Sebrang. Yang melakukan kunjungan guna melihat secara langsung Galeri Wisata Arsip yang memuat nilai sejarah kearsipan Kaltim yang sangat membekas.

Kunjungan yang dilaksanakan oleh sekolah dengan slogan “Sekolah Kreatif” tersebut berlangsung pada 4 Februari 2023 silam.

Visitasi ini dilakukan saat akhir pekan. Praktis membuat para siswa bahagia serta berdecak kagum dengan melihat peninggalan arsip dari zaman Kerajaan Kutai hingga masa kemerdekaan Indonesia kala mereka memasuki Galeri Wisata Arsip.

Kala itu, diikuti oleh 40 siswa. Yang turut didampingi oleh para orang tua dan wali siswa. Orang tua siswa pun turut mendapatkan sosialisasi Siaga Arsip.

Sebuah program penyimpanan arsip personal seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan Kematian, hingga Ijazah yang dapat disimpan oleh Arsip DPK Kaltim guna antisipasi bencana jika arsip terancam rusak atau lenyap.

Sosialisasi SIAGA Arsip dijelaskan langsung oleh Arsiparis DPK Kaltim, Dewi Susanti Elham.

Tidak hanya sosialisasi dan menjelajahi galeri, para siswa turut diajak menikmati fasilitas Mini Studio Arsip yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Sorak gembira bergemuruh kala pemutaran video animasi kearsipan dan menonton legenda Kaltim.

Arsip DPK Kaltim selalu membuka fasilitas bagi masyarakat. Dengan hari dan jam operasional, Senin hingga Jumat. Khusus Senin hingga Kamis, dibuka pada pukul 08.00 hingga 16.00 WITA, Jumat pada 08.00 hingga 11.00 WITA. (adv/dpk/red)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar