Belajar Kearsipan, Ratusan Siswa SMK 3 Balikpapan Kunjungi DPK Kaltim

Arsiparis Penyelia DPK Kaltim Rahmadiana usai menerima kunjungan siswa SMK 3 Balikpapan. (Nisa/Nusantara Group)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim menerima kunjungan dari SMK 3 Balikpapan, Kamis 16 November 2023.

Mereka rombongan terdiri dari sekitar 104 siswa didampingi 10 orang guru. Kunjungan industri ini melihat langsung bagaimana praktik kearsipan di lapangan dengan teori yang disampaikan pada pembelajaran di sekolah.

Siswa diberi ilmu dan pengalaman baru. Mulai dari teori kearsipan di mini studio DPK Kaltim, galeri arsip, hingga memperkenalkan ruangan penyimpanan arsip yang dibuat secara khusus untuk menyimpan arsip alias Depo Arsip.

Arsiparis Penyelia DPK Kaltim Rahmadiana mengaku sangat senang dengan kunjungan ini. Karena dengan begitu DPK Kaltim sesuai dnegan tupoksinya dalam pelayanan terhadap masyarakat.  “Kami memperkenalkan dinas ini apa saja layanannya, termasuk layanan kunjungan wisata terhadap SMK yang memiliki jurusan perkantoran,” jelas Rahmadiana.

“Biasanya mereka kesini menambah wawasan melihat realisasi bagaimana mereka belajar di sekolah kemudian disinkronkan bagaimana aplikasinya pelajaran yang mereka pelajari di sekolah dengan dengan di kantor yang sebenarnya,” tambahnya.

Rahmadiana bilang, jurusan perkantoran sendiri kerap berhubungan dengan surat menyurat. Sehingga berkaitan erat dengan kegiatan kearsipan meski yang dikelola merupakan arsip dinamis.

Dari kunjungan ini, Rahmadiana berharap para siswa yang berkunjung bisa mendapat ilmu juga pengalaman baru dalam mengenal bidang kearsipan. Juga bisa menerapkan dan mensinkronkan dengan pembelajaran di sekolah. (ens/jek/nus)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar