Aplikasi Srikandi Serentak Digunakan Januari 2024

aplikasi srikandi

Pemprov Kaltim menarget aplikasi Srikandi bisa digunakan seluruh OPD pada 2 Januari 2023 mendatang. Arsiparis Ahli Muda DPK Kaltim menyebut sebetulnya tenggat waktu persiapan aplikasi Srikandi ini pada akhir Desember 2023. Namun karena beragam faktor aplikasi Srikandi akan serentak digunakan pada Januari mendatang.

“Tanggal 2 januari 2024, pelaksanaan aplikasi Srikandi sudah (berjalan). Pemerintah pusat dan provinsi akan mengirim surat, tidak ada alasan tidak diundang,” jelas Dewi pada Jumat 10 November 2023.

Beberapa OPD di Kaltim sendiri ada yang sudah melakukan Bimtek implementasi aplikasi Srikandi. Tanpa bimtek, Dewi mendorong agar OPD belajar secara mandiri. “Silakan belajar sendiri tutorialnya ada di Youtube,” pungkasnya.

Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kalimantan Timur memang tengah sibuk mempersiapkan diri menuju administrasi dan kearsipan digital melalui aplikasi Srikandi.

Aplikasi Srikandi sendiri merupakan singkatan dari Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi. Diluncurkan pemerintah secara nasional sebagai aplikasi umum bidang administrasi dan kearsipan.

Aplikasi itu nantinya akan membantu sistem surat menyurat ke-administrasi-an, pengelolaan informasi, juga mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.

Dikhususkan untuk setiap lingkungan kementrian/instansi/lembaga pemerintahan baik di pusat maupun OPD di tingkat daerah. Agar saling terintegrasi satu sama lain dan memudahkan koordinasi antar pemerintah.

Bentuk persiapan yang dilakukan seperti adanya sosialisasi dan pengenalan aplikasi Srikandi. Juga Bimbingan Teknis implementasi aplikasi Srikandi di lingkungan OPD. Sekaligus simulasi secara teknis penggunaan aplikasi.

Sebetulnya aplikasi Srikandi ini sudah ada sejak tiga tahun terakhir. Yakni sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan diterapkan diseluruh Indonesia.

Namun implementasinya belum semua instansi atau lembaga menerapkan. Sehingga pada tahun ini tengah gencar persiapan untuk segera menggunakan aplikasi Srikandi secara serentak terutama di Kaltim. (ens/jek/nus)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar