Aplikasi Srikandi Cegah Pemalsuan Tanda Tangan di Disnaker Samarinda

Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) ternyata bisa mencegah pemalsuan tanda tangan. Hal ini dialami manfaatnya oleh instansi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Samarinda. Mereka berhasil mencegah pemalsuan tandatangan dalam penginputan surat masuk dan keluar.

Seperti yang diungkapkan oleh Staff IT Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Samarinda, Reni. Katanya, dengan menggunakan aplikasi Srikandi, surat keluar dari Disnaker Samarinda akan memiliki tanda tangan digital yang unik dan tidak dapat dipalsukan.

Apalagi penggunaan aplikasi Srikandi ini, memiliki keunggulan dalam efisien waktu. “Karena lewat online kita tinggal via call aja untuk konfirmasinya,” ungkapnya, Kamis 23 November 2023.

Disnaker Kota Samarinda menggunakan aplikasi Srikandi dalam dalam penginputan surat masuk dan keluar. Dengan aplikasi Srikandi ini, dinilai dapat mencegah pemalsuan tanda tangan yang bisa terjadi dalam pengurusan surat keluar.

Lebih jauh, Reni mengatakan selain lebih praktis. Srikandi ini memiliki keunggulan lebih aman dari pemalsuan tanda tangan dalam proses administrasi.

“Karena kita pemakaian tanda tangan elektronik. Jadi menghindari pemalsuan tanda tangan,” pungkasnya.

Diketahui, Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) merupakan aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). (adv/kf/red)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar