Kanwil Kemenag Kaltim Butuh Tambahan Tenaga Arsiparis

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini membutuhkan tambahan tenaga arsiparis. Guna melaksanakan pengelolaan arsip secara profesional dan baik.

Saat ini pengelolaan arsip masih dilakukan secara manual. Karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM) di bagian arsiparis.

Arsiparis Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Wilayah (Kanwil) Kaltim, Muhammad Endro Rizaldi mengungkapkan. Jumlah arsiparis Kemenag baik tingkat Kaltim maupun Kota Samarinda masih minim.

“Untuk sementara ini arsiparis di Kemenag baru dua yakni Kemenag Kota Samarinda satu. Dan saat ini disini baru saya sendiri, ” ungkapnya, saat berbincang di kantornya, Rabu 22 November 2023.

Oleh karena itu, Rizaldi mendorong agar Kemenag Kaltim dapat menambah sumber daya manusia (SDM) di bidang arsiparis.

“Kedepan kalau di kanwil ini keinginannya adanya penambahan sdm arsiparis dulu. Baru peningkatan pengelolaan arsip secara lingkup kecil di Kanwil Kaltim, terus turun ke Kemenag kabupaten/kota,” ujarnya.

Penambahan arsiparis ini dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tata kelola arsip di Kemenag Kaltim. Selain itu, juga untuk mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi di Kemenag. “Agar arsip-arsip kita tertata dengan baik, terjamin keamanannya, dan mudah diakses,” pungkasnya.

Pengelolaan arsip yang baik memiliki banyak manfaat, antara lain meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, Memudahkan pencarian arsip, Menjaga keutuhan dan keamanan arsip. Dengan pengelolaan arsip yang baik. Otomatis, Kemenag Kaltim dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. (adv/kf/red)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar