Cara DPK Samarinda Arsipkan Ribuan Judul Buku dari Tahun ke Tahun

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Samarinda telah mengarsipkan ribuan judul buku dari tahun ke tahun. Dari buku tentang penelitian, buku terbitan berkala hingga manuskrip dan lainnya.

Kepala Bidang Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Samarinda, Edy Wahyuni menjelaskan bagaimana cara mereka mengarsipkan buku-buku bacaan tersebut dengan rapih.

Ia menjelaskan, pihaknya menggunakan aplikasi Online Public Access Catalogue (OPAC). Yaitu berupa arsip database yang memudahkan pengunjung untuk mencari buku yang diinginkan.

Dari sini, pengunjung hanya perlu memasukkan judul buku, pengarang, atau kata kunci lainnya. “Aplikasi ini berupa data base. Jadi pengunjung tinggal datang bida mrlihat dsn mencari judul buku pengarangnya siapa semua tahun ada di situ,” jelasnya.

Aplikasi OPAC merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola koleksi buku yang menjadi salah satu arsip Perpustakaan Samarinda. Dengan aplikasi ini, pengunjung perpustakaan dapat mencari dan mengakses koleksi buku secara online.

Diketahui, pada tahun 2023, Perpustakaan Samarinda mempunyai koleksi buku sebanyak 23.143 judul dengan jumlah eksemplar buku 43.135. Jumlah koleksi buku digital sebanyak 2.393 judul dengan jumlah 43.828 copy.

Edy menyebutkan bahwa hingga saat ini aplikasi OPAC Perpustakaan Samarinda telah memiliki ribuan judul buku.

Koleksi buku tersebut terdiri dari berbagai macam genre, mulai dari fiksi, non-fiksi, buku anak-anak hingga manuskrip dan hasil-hasil penelitian tersedia di OPAC ini.

Keunggulan yang ditawarkan penggunaan OPAC dibandingkan manual. Karena, layanan OPAC ini memberikan kemudahan dan menghemat waktu masyarakat untuk mencari ribuan buku yang ada di Perpustakaan Samarinda tanpa harus memcari buku satu-satu di rak-rak buku.

“Opac ini bisa dibilang arsip buku juga yang dimiliki Perpustakaan Samarinda. Jadi masyarakat bisa mencari judul buku yang mau di baca tanpa harus datang ke sini,” pungkasnya. (adv/kf/red)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar