Jadi Sentral Pengelolaan Arsip, Dispursip Samarinda Punya 11 Arsiparis

arsiparis

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kota Samarinda punya 11 tenaga arsiparis. Dengan tanggungjawab mengelola semua arsip OPD di lingkungan Pemkot Samarinda, Dispursip memang memerlukan banyak tenaga arsiparis.

Arsiparis Terampil Dispursip Samarinda Kirana Pareswari mencatat ada 11 tenaga arsip di Dispursip Samarinda karena lingkup pengelolaan arsipnya sangat luas. “Karena kan kalau di Dispursip fokusannya lan. Pusatnya di sini,” jelas Kirana Kamis 23 November 2023.

Dari 11 arsiparis itu, Kirana mencatat ada arsiparis ahli muda sebanyak 5 orang. Dan arsiparis terampil ada 6. Mereka bertanggungjawab atas pengelolaan kearsipan di Samarinda.

Kirana berharap tenaga kearsipan yang ada ini dapat meningkatkan kinerja bidang kearsipan di Samarinda. Khusunya melalui setiap OPD yang ada.

Dijelaskan, Arsiparis tingkat terampil adalah Arsiparis dengan kualifikasi teknis atau penunjang profesional yang pelaksanaan tugas dan fungsinya mensyaratkan penguasaan pengetahuan teknis di bidang pengelolaan arsip dan pembinaan kearsipan.

Sementara Arsiparis ahli muda, merupakan jabatan fungsional arsiparis kelompok ahli. Setelah menduduki jabatan arsiparis pertama, seorang arsiparis dapat naik jabatan menjadi arsiparis ahli muda. (ens/nus)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar