Tidak Ideal, Hanya 4 OPD di Samarinda yang Punya Arsiparis

arsiparis OPD masih kurang

Nilai rata-rata kearsipan pada 40 organisasi perangkat daerah (OPD) di Samarinda masih minim. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk upaya peningkatan.

Namun hasil itu bisa dimaklumi, jika melihat jumlah tenaga kearsipan yang ada di Samarinda. Arsiparis Terampil Dispursip Samarinda Kirana Pareswari mencatat hanya 4 OPD di Samarinda yang memiliki arsiparis.

“Kalau di Pemkot Samarinda selain di LKD, ada di Bappedalitbang. Kemudian Sekretariat Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, kemudian Bapenda,” jelas Kirana Kamis 23 November 2023. “Jadi totalnya ada 4 secara keseluruhan,” tambahnya.

Secara rinci, Kirana mencatat, Bappedalitbang diisi oleh arsiparis ahli pertama. Bersamaan dengan Sekretariat Daerah dengan arsiparis ahli pertama. Kemudian Dinas Lingkungan Hidup punya arsiparis mahir, juga Badan Pendapatan Daerah memiliki arsiparis ahli mahir.

Kondisi itu bisa terjadi karena banyak hal. Karena kekurangan arsiparis tidak hanya terjadi di Samarinda. Setingkat pemerintah provinsi pun ikut kekurangan.

Diperkirakan, kekurangan itu dipengaruhi atas minimnya minat pada profesi kearsipan. Padahal lapangan kerjanya terbuka sangat luas. Bahkan sampai kekurangan. Diperkirakan arsip sendiri masih banyak yang menganggapnya sebagai hal yang remeh.

Padahal peran bidang kearsipan sendiri sangatlah penting. Tak hanya penting dalam lingkungan pemerintahan atau instansi atau OPD saja. Namun juga untuk seluruh sektor kehidupan. Baik itu sosial, budaya, keuangan, pendidikan dan sebagainya. (ens/nus)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar