Diskominfo Kaltim Perbaiki Manajemen Pengelolaan Kearsipan

DPK Kaltim

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Daerah Kalimantan Timur terus berupaya agar kualitas pengelolaan kearsipan di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim dapat terus meningkat.

Karena DPK Kaltim sendiri sebagai lembaga atau OPD yang menjadi juru kunci penyelenggaraan dan pengelolaan kearsipan di Provinsi Kaltim. Dengan mendorong seluruh OPD di Kaltim untuk memperbaikinya pengelolaan kearsipannya.

Beberapa OPD di Kaltim ada yang sudah bagus dan berhasil dalam pengelolaan dan penataan kearsipannya. Sementara beberapa OPD lain ada yang masih belum. Namun terus melakukan upaya pembenahan.

Satu di antaranya Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kaltim yang masih memiliki banyak pekerjaan rumah dalam upaya penyelenggaraan dan pengelolaan kearsipan di sana.

Arsiparis Terampil Diskominfo Kaltim Ryan Alfani mengaku kalau pengelolaan kearsipan di lingkungan dinasnya memang belum baik.  “Masih belum baik. Jadi kami istilahnya masih merintis supaya penyelenggaraan kearsipan di sini (Diskominfo) bisa berjalan baik,” jelasnya Kamis 23 November 2023.

Nilai belum baik itu, merupakan hasil audit dari DPK Kaltim terhadap Diskominfo Kaltim beberapa waktu lalu. Memeriksa dan menilai bagaimana kualitas sistem kearsipan di sana. Apakah sudah sesuai standar aturan yang berlaku atau belum. “Kemarin sudah diaudit, nilainya C.”

Meski begitu, Ryan mengaku pihaknya terus berupaya melakukan peningkatan terhadap pengelolaan kearsipannya. Katanya, tahun depan semua akan dimulai. Merintis penyelenggaraan pengelolaan kearsipan yang baik sesuai aturan. “Makanya mungkin tahun depan kita mulai merintis penyelenggaraan sarana prasarana dan segala macam. Penyiapan SDM juga baru tahun depan,” pungkasnya. (ens/nus)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar