Jemput Bola, Dispursip Samarinda Akuisisi Arsip Dua Dinas

akuisisi arsip

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Samarinda telah mengakuisisi arsip dari dua dinas di Samarinda. Yakni Disdikbud dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setelah upaya jemput bola.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Samarinda menjadi tempat seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menyerahkan arsipnya. Terutama arsip yang masanya di atas sepuluh tahun.

Penyerahan arsip itu, bentuk dari upaya tertib arsip. Karena setelah melakukan pengelolaan dan penataan arsip. Setiap OPD wajib menyerahkan arsipnya. Untuk kemudian disimpan atau dimusnahkan.

Itu berfungsi sebagai penyusutan dan pengurangan arsip di record center OPD. Sehingga space atau ruang penyimpanan arsip bisa terus terisi. Untuk penyimpanan arsip terbaru dan arsip yang akan datang.

Namun di Samarinda, belum semua OPD secara teratur menyerahkan arsipnya. Hanya beberapa OPD saja. Sebab masih banyak juga OPD yang belum tertib dalam pengelolaan dan penataan kearsipan.

Dispursip sendiri terkadang harus jemput bola. Dengan mendatangi OPD untuk kemudian mengakuisisi arsip yang telah masuk kategori harus diserahkan. Teranyar dilakukan pada Oktober lalu.

Arsiparis Terampil Dispursip Samarinda Kirana Pareswari menjelaskan telah mengakuisisi arsip dari dua OPD atau dinas di Samarinda. Yang kini telah tersimpan di Roll O Pack Mobile File milik Dispursip Samarinda.  “Kalau arsip dari perangkat daerah lain, Dinas Pendidikan dan Dinas Ketahanan Pangan,” jelas Kirana Kamis 23 Oktober 2023. “Baru diakuisisi pada bulan Oktober,” tambahnya.

Kata Kirana, upaya jemput bola atau mendatangi dinas untuk mengakuisis arsipnya. Terkadang perlu dilakukan. Itu sebagai langkah alternatif jika OPD belum lakukan penyerahan arsip. “Kami yang datang jemput bola,” pungkasnya. (ens/nus)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar