Melihat Peran SMKN 2 PPU dalam Menghasilkan Tenaga Kearsipan dari Jurusan Administrasi Perkantoran

SMK Negeri 2 Penjam Paser Utara (PPU) memiliki peran dalam menghasilkan tenaga kearsipan. Melalui keberadaan jurusan Administrasi Perkantoran. Karena jurusan tersebut memiliki mata pelajaran khusus dalam bidang kearsipan.

Menurut, Koordinator Tata Usaha SMKN 2 PPU, Herni, jurusan Administrasi Perkantoran di sekolah ini dianggap memiliki potensi dalam melahirkan tenaga kearsipan yang kompeten.

Karena memiliki mata pelajaran kearsipan yang mengajarkan tata naskah dan tata kelola kearsipan kepada para siswa. “Terkadang, mereka juga menanyakan ke kami terkait tata naskah maupun tata kelola kearsipan,” kata Herni.

Para siswa dari jurusan Administrasi Perkantoran juga sering melakukan kunjungan ke ruangan kearsipan sekolah. Untuk melihat langsung bagaimana sistem kearsipan yang diterapkan.

“Untuk melihat bagaimana sistem kearsipan yang kami lakukan, sudah beberapa kali mereka melakukan itu,” ungkap Herni.

Namun demikian, Herni menyayangkan belum adanya peminatan khusus di jurusan Administrasi Perkantoran.

Sebab, mata pelajaran kearsipan saat ini hanya berupa bagian dari kurikulum, sehingga pendalaman terkait keilmuan ini belum mencapai tingkat maksimal. “Jadi dia hanya berupa mata pelajaran saja, sehingga pendalaman terkait keilmuan ini belum maksimal,” jelasnya.

Hal ini membuka ruang untuk pertimbangan pengembangan lebih lanjut. Mengingat minat dan kunjungan yang konsisten dari siswa-siswa jurusan Administrasi Perkantoran terhadap tata kelola kearsipan.

“Jurusan ini berpotensi melahirkan generasi tenaga kearsipan yang handal dan siap bersaing di dunia kerja. Sebuah langkah yang dapat memperkaya keberagaman kompetensi di dunia pendidikan vokasi,” jelasnya. (adv/kf/red)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar