Setda Kaltim Berharap Tahun Depan Punya Arsiparis

arsiparis

Sekretariat Daerah Kaltim berharap punya satu arsiparis tahun depan. Hal ini penting untuk kelangsungan kearsipan yang baik dan sesuai aturan di masa mendatang.

Sebab selama ini Setda Provinsi Kaltim cukup kesulitan tanpa adanya arsiparis. Karena keberadaan arsiparis sangat penting dalam menjalankan kegiatan pengelolaan dan penataan kearsipan sesuai dengan aturan. Diketahui, Setda Provinsi Kaltim kini membawahi 9 biro.

Analis Kebijakan Ahli Muda atau Sub Koordinator Persuratan dan Arsip Setda Kaltim Heldi menyebut idealnya masing-masing biro memiliki 2 arsiparis. Namun sangat sulit untuk bisa memenuhi itu. Alternatif lain, sepuluh arsiparis untuk sembilan biro. Untuk Biro Umum diisi oleh dua arsiparis. Sebab biro itu lebih spesifik banyak mengelola kearsipan dan persuratan.  “Orang arsiparis itu jarang lah. Pendidikan untuk arsiparis di Kaltim saja belum ada,” jelas Heldi Senin 27 November 2023.

Meski sangat sulit memenuhi 18 arsiparis untuk Setda Kaltim, Heldi berharap untuk tahun depan setidaknya sudah memiliki arsiparis meskipun hanya satu. Sehingga ada yang bisa fokus untuk mengelola arsip. “Ya kami berharap, arsiparis kalau bisa di tahun depan itu sudah ada minimal 1 tahun depan itu, saya berharap sekali. Kendalanya di situ,” pungkasnya. (ens/nus)

ADVERTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN & KEARSIPAN KALTIM

Tinggalkan Komentar