KBN Muara Gabus Sangatta Selatan Siap Genjot Perekonomian Rakyat

Pada Senin (4/12/2023) pagi yang lalu, Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Muara Gabus, Dusun Sendawar, Kelurahan Singa Geweh, Kecamatan Sangatta Selatan diresmikan. Seremoni peresmian tersebut dihadiri oleh Asisten Pemkesra Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono, yang mewakili Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman. Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar juga turut mendampingi dan menandatangani prasasti.

Acara ini juga disaksikan oleh Ketua DPRD Kutim Joni, Ketua dan Pengurus Jalasenastri Lanal Sangatta Erwin Rudi Iskandar, serta unsur Forkopimda dan Sescam Sangatta Selatan Rusmiyati, serta para Ketua RT dan tamu undangan lainnya.

Asisten Pemkesra Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono, yang mewakili Pemkab Kutim, mengungkapkan apresiasi yang sangat tinggi terhadap kegiatan peresmian KBN oleh Lanal Sangatta. Ia menyebutkan bahwa Kampung Bahari Nusantara Muara Gabus ini merupakan salah satu ikon Sangatta.

“Saya harap akan terjadi kolaborasi antara TNI AL dan masyarakat sekitar Muara Gabus, sehingga memberikan nilai tambah bagi masyarakat,” sebutnya.

Ditambahkan Poniso, Pemkab Kutim juga yakin bahwa keberadaan KBN akan memberikan dampak ekonomi yang positif.

“Terutama dengan adanya pembangunan fasilitas lain seperti klinik kesehatan, pendidikan, wisata, sarana ibadah, dan lain sebagainya,” tambahnya.

Sementara itu, Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar menjelaskan bahwa peresmian KBN dipusatkan di Pasmar II Surabaya, namun pangkalan lainnya dilaksanakan secara daring secara serentak di Pangkalan TNI AL seluruh Indonesia. Ia menjelaskan bahwa Lanal Sangatta pada tahun ini meresmikan KBN yang terletak di Muara Gabus.

“Saat ini, KBN terdiri dari beberapa klaster, seperti Klaster Pendidikan, Klaster Kesehatan, dan Klaster Wisata. Kluster Ekonomi sedang dalam proses pembangunan dan diharapkan akan segera dapat digunakan,” jelasnya.

Danlanal menambahkan bahwa tujuan diresmikannya KBN adalah untuk menciptakan masyarakat pesisir yang sejahtera dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang dimiliki. Selain itu, ia juga berharap bahwa KBN Rawa Gabus ini akan menjadi kampung bahari yang menonjolkan sektor wisata.

“Bahwa dengan adanya KBN, akan terjadi peningkatan dalam sektor pertanian, perkebunan, dan kesehatan, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat,” urainya.

Meskipun menyadari bahwa KBN ini belum sempurna, Danlanal berharap bahwa masyarakat tetap dapat mengunjungi KBN yang sudah dibuka untuk umum. Ia menyebutkan bahwa peresmian KBN ini menjadi bagian dari rangkaian acara Hari Armada 2023 yang diperingati setiap tanggal 5 Desember.

Acara peresmian tersebut kemudian diakhiri dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan pemberian paket sembako kepada warga sekitar Muara Gabus dan pemeriksaan kesehatan gratis.(Adv/nus)

ADVERTORIAL DISKOMINFO PERSTIK KUTAI TIMUR

Tinggalkan Komentar