Pesta Rakyat Kaltim 2024, Ajang Promosi UMKM dan Capaian Pemprov Kaltim

Pesta Rakyat Kaltim

Pemprov Kaltim menggelar Pesta Rakyat Kaltim dalam memperingati HUT Kaltim ke-67, di Stadion Kadrie Oening, Samarinda, Selasa (9/1/2024).  

Berbagai penampilan mulai dari tarian, fashion show duta wisata Kaltim dan DKI Jakarta, hingga wisata kuliner Nusantara disajikan.

Dalam PRK kali ini mengusung tema Membangun Kaltim untuk Nusantara. Tema ini didasarkan karena Kalimantan Timur akan segera menjadi Ibu Kota Nusantara.

Terdapat 74 tenant dalam PRK 2024 tahun ini. Mulai dari tenant Pemerintahan Provinsi Kaltim hingga tenant-tenant UMKM lokal Kaltim yang menjual berbagai FnB dan pernah-pernik Kaltim ada di sini.

PJ Gubernur Kaltim Akmal Malik meminta seluruh OPD dapat memanfaatkan momentum ini untuk menyampaikan capaian pemerintah dan ajang promosi produk lokal kepada masyarakat. Kata gubernur, masyarakat berhak mengetahui apa yang telah dilakukan pemerintah untuk mereka.

“Masyarakat tidak pernah tahu apa yang kita kerjakan, ini adalah ajang bagi kita untuk menyampaikan ini loh yang sudah kita berikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, PRK 2024 ini juga diharapkan sebagai ajang promosi bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk promosi produk-produk lokal Kaltim agar diketahui oleh masyarakat luas.

“Memang tugas kita memfasilitasi agar UMKM kita segera go Provinsi, go Nasional, go Internasional tentunya kita paham UMKM kita mempunyai batasan informasi sumber daya dan sebagainya. Jangan hanya produk nasional saja yang di promosikan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah Sekertariat Daerah Kaltim, Siti Sugiyanti mengatakan bahwa pemilihan tema PRK kali ini. Untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia.

“Namanya pesta rakyat semua harus happy fun. Kali ini kita dapat bisa sparing dengan dinas Pariwisata DKI. Untuk jumlah tenant ada 74 tenant,” terangnya. Yanti berharap event PRK ini bisa menjadi ajang pembuka bagi seluruh event pariwisata secara nasional.

“Ini kan kedepannya sudah jadi ibu kota. Maka diharapkan semua event-event sport dan semua element bergerak di bidang pariwisata termasuk PRK ini,” pungkasnya. (dmy/nus)

Tinggalkan Komentar