Wajah Baru Citra Niaga: “Malioboro-nya” Samarinda

citra niaga

Proyek revitalisasi Citra Niaga hampir rampung. Progresnya kini sudah sudah 99 persen dan akan selesai pekan ini.

Proyek revitalisasi wajah Citra Niaga sudah lama dinantikan masyarakat Kaltim. Sebab revitalisasi pasar legendaris oleh Pemerintah Kota Samarinda ini mulai menunjukkan wajah yang berbeda dari sebelumnya.

Berdasarkan pantauan Faktual Kaltim (Nusantaraplus Group), Citra Niaga sendiri mulai bersolek sejak pertengahan 2023 lalu, sekitar bulan Juli. Awalnya, pekerjaan ditargetkan rampung pada Desember 2023.

Namun karena satu dan lain hal, proyek itu terpaksa mundur dari jadwal. Sementara pada Januari 2024 lalu, pengerjaan masih tampak dikebut. Dan progres terus menunjukkan penambahan dengan target baru rampung pada Februari.

Wajah baru Citra Niaga ini, digadang bakal jadi Malioboro-nya Samarinda. Ada jalur pedestarian alias pejalan kaki. Citra Niaga baru hadir dengan alas keramik yang didesain bermotifkan Ulap Doyo.

Jalan Niaga Utara yang semula dua ruas jalan. Kini menyisakan satu ruas jalan saja. Sebab satu ruasnya, secara penuh untuk jalur pedestarian dan sudah full keramik.

Lengkap dengan sejumlah tempat duduk dan tempat sampah. Beberapa tanaman menambah keindahan sebagai taman di median jalan. Sudah termasuk lahan parkir yang ditata untuk mobil dan motor.

Meski begitu, Citra Niaga saat ini, belum sepenuhnya rampung. Sebab di beberapa sudut, masih ada keramik yang belum terpasang. Juga taman yang masih belum selesai. Ditambah sejumlah keramik belum dibersihkan.

Namun, sejumlah warga Samarinda sudah bisa melakukan aktivitas di sana. Ada yang sekadar duduk bersantai di sore hari, jalan-jalan santai ataupun olahraga ringan.

Informasi dari Konsultan PUPR Ali Rossit, saat ini progresnya sudah 99 persen. Satu persen lagi, sisa finishing beberapa kekurangan tadi. Ditambah pembersihan keramik, sisa hasil pengerjaan.

Pada pekan depan, proyek revitalisasi Citra Niaga sudah sepenuhnya rampung. Dan sudah bisa dinikmati masyarakat.

“Kalau malam hari view-nya cakep banget. Lampu di Citra Niaga nyala, ditambah lampu Hotel Mercure nyala. Bagus banget,” katanya Senin, 12 Februari 2024. (ens/nus)

Tinggalkan Komentar