Ragam Kesenian Tradisional Indonesia Meriahkan TKTB XXI di Kaltim

Ragam Kesenian Tradisional Indonesia Meriahkan TKTB XXI di Kaltim
Ragam Kesenian Tradisional Indonesia Meriahkan TKTB XXI di Kaltim

Ragam kesenian tradisional Indonesia memeriahkan Temu Karya Taman Budaya (TKTB) XXI di Kaltim, Senin (19/9/2022). Tak ayal masyarakat Samarinda antusias menyaksikan secara langsung berbagai suguhan dalam acara ini di lapangan UPTD Taman Budaya Kaltim, Jalan Kemakmuran.

Mengangkat tema “Berkreasi Pulihkan Ekonomi Negeri, Jiwa dan Raga Spirit Nusantaraku”, sebanyak 32 provinsi menghadiri TKTB XXI yang digelar selama 5 hari mulai dari 19 sampai 23 September 2022.

Para perserta dari berbagai daerah menampilkan keseniannya, di antaranya Lampung, Bengkulu, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Jambi, dan Sulawesi Tengah.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menuturkan, Pekan TKTB merupakan ruang diplomasi antardaerah dalam mewujudkan kerja sama di bidang kebudayaan. Kegiatan tersebut diselenggarakan setiap tahunnya, yang merupakan wadah bagi Taman Budaya di Indonesia dalam berbagi informasi tentang berbagai hal.

Kata dia, tema yang diusung sangatlah tepat. Lantaran bangsa Indonesia baru memulai kembali menata kehidupan baru pascapandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari tiga tahun.

“Sudah saatnya kita kembali berkreasi dalam upaya memulihkan perekonomian negeri kita,” tutur legislator Senayan dapil Kaltim ini.

Hetifah mengungkapkan, TKTB yang dihadiri pimpinan Taman Budaya se-Indonesia ini berikut ratusan pelaku seni budaya, menunjukan kesiapan Kaltim dalam menyambut pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kaltim. (***)

Tinggalkan Komentar